Wednesday, 3 June 2015

soal UTS Bahasa Indonesia tahun 2015

Matakuliah             : Bahasa Indonesia
Kode                      : MPK 104
Dosen Pengampu   : Cahyo Hasanudin, M.Pd.          

                              
1.      Menurut Anda, benar atau salah, bahwa fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara didasarkan pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 pada butir ketiga!
Jawaban disertai dengan argumen!
2.      Berdasarkan segi sarana pemakaiannya, bahasa Indonesia dapat dibedakan atas dua ragam.
Sebutkan kedua ragam tersebut dan tentukan pembeda diantara kedua ragam tersebut!
3.      Jodohkanlah sinonim berikut!
1.      Utopia

a.       Khayali



2.      Skeptis

b.      Ragu-ragu



3.      Stereotipe

c.       Cuek



4.      Apatis

d.      Mitos



5.      Afeksi

e.       Keseimbangan



6.      Equlibrium

f.       Kasih sayang



7.      Masterpiece

g.      Daerah utama



8.      vorstenlanden

h.      Adikarya



9.      Redundancy

i.        Kemubadziran



10.  Handicap

j.        Keburukan

4.      Perhatikan kata-kata berikut ini!
Silanglah kata-kata berikut yang penulisannya tidak baku.
Ambulans

Halal bihalal

Orisinal

Yoghurt

Foto kopi









Bolpen

Ibtidaiah

Shalat

Zarafah

Jahiliah









Cendera mata

Muadzin

Tifus

Duka cita

Kacoak









Jenius

Nakhoda

Hutang

Eksem

Legalisir



soal UTS Belajar dan Pembelajaran tahun 2015

Matakuliah                  : Belajar dan Pembelajaran
Kode                           : MKB 325
Dosen Pengampu        : Cahyo Hasanudin, M.Pd.


1.      Sebutkan kompenen belajar mengajar!
2.      Menurut Anda, benar atau salah, bahwa PP RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20 berbunyi “Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara  interaktif,  inspiratif,  menyenangkan,  menantang, memotivasi  peserta  didik  untuk  berpartisipasi  aktif,  serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian  sesuai  dengan  bakat,  minat,  dan  perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”.
Jawaban disertai argumen!
3.      Deskripsikan gambar berikut!

Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran23
4.      Isilah titik-titik pada bagan langkah-langkah pembelajaran model pembelajaran langsung (direct instruction) berikut!
Selanjutnya, jelaskanlah!


1.      Komponen
1. Tujuan
2. Bahan
3. Kegiatan Belajar Mengajar
4. Metode
5. Alat
6. Sumber
7. Evaluasi

2.      Salah, karena PP RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20 berbunyi Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
3.      Model  : bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau
bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Pendekatan : Pendekatan pembelajaran  dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran
Strategi : Dalam pengertian sempit bahwa istilah strategi itu sama dengan pengertian metode yaitu sama-sama merupakan cara dalam rangka pencapaian tujuan.
Metode : cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran
Teknik: cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik
Taktik: gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual
4.       

Sunday, 26 April 2015

info UTS matakuliah Bahasa Indonesia

Diinformasikan kepada seluruh mahasiswa program studi matematika, berkaitan dengan UTS matakuliah bahasa Indonesia, maka saya memberikan pedoman pengisian soal UTS yaitu tidak perlu menggunakan lembar jawaban. Jawaban cukup ditulis pada lembar soal saja.

terima kasih.