KONTRAK PERKULIAHAN
Fakultas : FPBS
Program Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama Mata Kuliah :
Landasan Pendidikan
Kode Matakuliah :
MKB 323
Smt/Bobot : 3/3 SKS
Alokasi Waktu : 3 X 50’
Standar
Kompetensi : Memiliki
pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif dan fungsional tentang
dasar-dasar pendidikan dengan berbagai komponen dan aspeknya, sehingga dengan
itu, mahasiswa mampu
menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan umat di bidang
pendidikan dan membentuk
seorang guru yang profesional. (c3)
1. Manfaat Matakuliah
Dengan mengambil matakuliah Landasan Pendidikan ini, mahasiswa diharapkan dapat mendeskripsikan hakikat pendidikan, landasan-landasan
pendidikan, aliran-aliran dalam pendidikan, teori-teori pendidikan, batas-batas
dan alat-alat pendidikan, profesionalisasi pendidik, faktor-faktor pendidikan,
mutu pendidikan, Pendidikan Seumur Hidup (PSH), periode sejarah di Indonesia,
dan tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia.
2. Deskipsi Matakuliah
Matakuliah Landasan Pendidikan untuk semester tiga ini
meliputi:
Hakikat pendidikan, landasan-landasan pendidikan, aliran-aliran dalam
pendidikan, teori-teori pendidikan, batas-batas dan alat-alat pendidikan,
profesionalisasi pendidik, faktor-faktor pendidikan, mutu pendidikan,
Pendidikan Seumur Hidup (PSH), periode sejarah di Indonesia, dan tokoh-tokoh
pendidikan di Indonesia.
3. SK, KD, dan Indikator
1) Standar Kompetensi (SK) :
Pada akhir perkuliahan mahasiswa
diharapkan memiliki
pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif dan fungsional tentang
dasar-dasar pendidikan dengan berbagai komponen dan aspeknya, sehingga dengan
itu, mahasiswa mampu
menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan umat di bidang
pendidikan dan membentuk
seorang guru yang profesional. (c3).
2) Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
a) Mahasiswa
mampu memahami
program perkuliahan Landasan Pendidikan
(1) Orientasi
Perkuliahan (c1)
b) Mahasiswa mampu mendeskripsikan hakikat
pendidikan (c1)
(1) Mendeskripsikan pengertian pendidikan
(2) Mendeskripsikan tujuan pendidikan
(3) Mendeskripsikan lembaga dan praktik
pendidikan
(4) Mendeskripsikan pendidikan sebagai sistem
(5) Mendeskripsikan implikasi konsep
pendidikan
(6) Mendeskripsikan filosofi pendidikan
nasional
c) Mahasiswa mampu menyebutkan
landasan-landasan pendidikan (c1)
(1) Menyebutkan landasan hukum pendidikan
(2) Menyebutkan landasan filsafat pendidikan
(3) Menyebutkan landasan sejarah pendidikan
(4) Menyebutkan landasan sosial budaya pendidikan
(5) Menyebutkan landasan psikologi pendidikan
(6)
Menyebutkan
landasan ekonomi pendidikan
(7)
Menyebutkan
landasan religius pendidikan
d) Mahasiswa mampu menginterpretasikan
aliran-aliran pendidikan (c2)
(1)
Menginterpretasikan
aliran empirisme
(2)
Menginterpretasikan
aliran nativisme
(3)
Menginterpretasikan
aliran naturalisme
(4) Menginterpretasikan aliran konvergensi
e) Mahasiswa mampu menginterpretasikan
teori-teori pendidikan (c2)
(1)
Menginterpretasikan
teori behaviorisme
(2)
Menginterpretasikan
teori kognitivisme
(3)
Menginterpretasikan
teori konstruktivisme
(4) Menginterpretasikan teori humanistik
f) Mahasiswa mampu menjelaskan batas dan alat
Pendidikan (c2)
(1)
Menjelaskan
batas awal pendidikan
(2)
Menjelaskan
batas akhir pendidikan
(3)
Menjelaskan
pengertian alat pendidikan
(4)
Menjelaskan
tujuan dan alat pendidikan
(5) Menjelaskan macam-macam alat pendidikan
g) Mahasiswa mampu menginterpretasikan
profesionalisasi pendidik (c2)
(1)
Menginterpretasikan
profesionalisasi pendidik
(2)
Menginterpretasikan
sikap dan sifat pendidik
(3)
Menginterpretasikan
tugas-tugas pendidik
(4)
Menginterpretasikan
kode etik pendidik
(5)
Menginterpretasikan
pengembangan dan organisasi profesi
(6)
Menginterpretasikan
penyelenggaraan pendidikan
(7)
Menginterpretasikan
implikasi konsep pendidikan
(8) Menginterpretasikan komponen-komponen yang
menunjukkan kualitas mengajar
h) Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor
pendidikan (c2)
(1)
Menjelaskan
faktor-faktor pendidikan
(2) Menjelaskan bentuk teguran, peringatan,
ancaman, dan hukuman dalam pendidikan
i)
Mahasiswa
mampu menjelaskan mutu Pendidikan (c2)
(1)
Menjelaskan
mutu pendidikan Indonesia
(2) Menjelaskan ukuran mutu pendidikan
Indonesia
j)
Mahasiswa
mampu menjabarkan Pendidikan Seumur Hidup (PSH) (c2)
(1)
Menjabarkan
karakteristik dan faktor-faktor yang mendorong perlunya Pendidikan Seumur Hidup
(PSH)
(2)
Menjabarkan
kerangka kerja toritis Pendidikan Seumur Hidup (PSH)
(3)
Menjabarkan
kerangka kerja operasional Pendidikan Seumur Hidup (PSH)
(4) Menjabarkan implikasi konsep Pendidikan
Seumur Hidup (PSH) bagi pendidikan sekolah
k) Mahasiswa mampu mendiskusikan periode
sejarah pendidikan di Indonesia (c2)
(1)
Mendiskusikan
periode Portugis
(2)
Mendiskusikan
periode Verenigde Oost Indische Compagnie
(VOC)
(3)
Mendiskusikan
periode penjajahan Belanda
(4) Mendiskusikan periode penjajahan Jepang
l)
Mahasiswa
mampu menerangkan tokoh-tokoh pendidikan di Indonesia (c2)
(1)
Menerangkan
tokoh Raden Ajeng Kartini
(2)
Menerangkan
tokoh Raden Dewi Sartika
(3)
Menerangkan
tokoh Rohana Kudus
(4)
Menerangkan
tokoh KI Hajar Dewantara
(5)
Menerangkan
tokoh Mohammad Syafei
(6)
Menerangkan
tokoh K.H. Ahmad Dahlan
(7) Menerangkan tokoh K.H. Hasyim Asy’ari
4.
(KD 5)
Menginterpretasikan Teori-teori
Pendidikan (c2)
|
(KD 4)
Menginterpretasikan Aliran-aliran
dalam Pendidikan (c2)
|
(KD 2)
Mendeskripsikan Hakikat Pendidikan (c1)
|
(KD 3)
Menyebutkan Landasan-landasan
Pendidikan (c1)
|
(KD 8)
Menjelaskan Faktor-faktor pendidikan
(c2)
|
(KD 7)
Menginterpretasikan Profesionalisasi
pendidik (c2)
|
( KD 6)
Menjelaskan Batas-batas dan
alat-alat-alat pendidikan (c2)
|
Standar Kompetensi (SK): Memiliki pengetahuan dan pemahaman
yang komprehensif dan fungsional tentang dasar-dasar pendidikan
dengan berbagai komponen dan aspeknya, sehingga dengan itu, mahasiswa mampu menyoroti,
menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan umat di bidang pendidikan dan membentuk
seorang guru yang profesional.
|
(KD 10)
Menjabarkan Pendidikan Seumur Hidup
(PSH) (c2)
|
(KD 9)
Menjelaskan Mutu pendidikan (c2)
|
(KD 11)
Mendiskusikan Periode sejarah
pendidikan di Indonesia (c2)
|
(KD 12)
Menerangkan Tokoh-tokoh pendidikan
Indonesia (c2)
|
(KD 1)
Memahami
program perkuliahan Landasan Pendidikan (c1)
|
5. Strategi Pembelajaran
Perkuliahan ini lebih banyak
dilakukan dengan menggunakan
metode ceramah dan diskusi. Mahasiswa
juga mendapatkan materi kuliah dalam bentuk handout sebagai tambahan materi
yang berisi ringkasan materi yang akan mempermudah mahasiswa dalam memahami
pelajaran. Mahasiswa wajib melakukan latihan-latihan soal baik secara individu
maupun kelompok. Penyelesain soal-soal ini didahului dengan tata cara
penyelesaiannya.
6. Tugas-tugas
Tugas individu diberikan dosen setiap akhir pertemuan untuk membiasakan
mahasiswa menyelesaiakan soal-soal Kritik Sastra dan akan dibahas pada
pertemuan berikutnya. Tugas kelompok diberikan minimal satu kali setiap
setengah semester dan diserahkan sesuai waktu yang di tentukan. Keterlambatan
penyerahan tugas-tugas akan mempengaruhi nilai. Jika
mahasiswa tidak mengumpulkan tugas, maka hal ini sangat berpengaruh dalam
proses penilaian UTS dan UAS.
7. Kreteria Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, penugasan,
penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen
sebagai berikut :
Terkait dengan standar penilaian
digunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan
sebagai berikut :
Interval
|
Nilai Huruf
|
Nilai angka
|
80 – 100
|
A
|
4
|
70 – 79
|
B
|
3
|
60 – 69
|
C
|
2
|
40 – 59
|
D
|
1
|
00 – 39
|
E
|
0
|
No
|
Komponen
Evaluasi
|
Bobot
|
1
|
Kehadiran mahasiswa
|
10%
|
2
|
Tugas
|
20%
|
3
|
UTS
|
30%
|
4
|
UAS
|
40%
|
Total
|
100%
|
8. Jadwal
Pertemuan ke
|
Pokok Bahasan
|
Sumber Belajar/Hal
|
Penilaian
|
1
|
Program
perkuliahan Landasan Pendidikan
|
Penugasan
|
|
2
|
Hakikat pendidikan
|
Penugasan
|
|
3-4
|
Landasan-landasan pendidikan
|
Penugasan
|
|
5-6
|
Aliran-aliran pendidikan
|
penugasan
|
|
7
|
Teori-teori pendidikan
|
Penugasan
|
|
8
|
UTS
|
||
9
|
Batas dan alat Pendidikan
|
Penugasan
|
|
10
|
Profesionalisasi pendidik
|
penugasan
|
|
11
|
Faktor-faktor
pendidikan
|
penugasan
|
|
12
|
Mutu Pendidikan
|
penugasan
|
|
13
|
Pendidikan Seumur Hidup
(PSH)
|
penugasan
|
|
14
|
Periode sejarah pendidikan
di Indonesia
|
penugasan
|
|
15
|
Tokoh-tokoh pendidikan di
Indonesia
|
penugasan
|
|
16
|
UAS
|
9. Bahan Bacaan/Pustaka
Chatib, Munif. 2011. Gurunya Manusiewa: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara.
Bandung: PT Mizan Pustaka.
Maunah, Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras.
Mudyhardjo, Redja. 2010. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 2008. Sejarah Pendidikan Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan (Online),
(http://riau.kemenag.go.id/file/dokumen/SNP.pdf), diakses
30 Agustus 2014.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia.
Jakarta: Rineka Cipta.
Purwanto, M. Ngalim. 2009. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sukardjo dan Komarudin, Ukim. 2009. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945. (Online), (http://www.itjen.depkes.go.id/public/upload/unit/pusat/files/uud1945.pdf), diakses
30 Agustus 2014.
Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2003 tentang guru
dan dosen. (Online), (https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=uud+ri+no+14+tahun+2005+tentang+guru+dan+dosen&safe=active) diakses
30 Agustus 2014.
Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang
Sistem Pendidikan Nasional. (Online),
(https://www.google.co.id/webhp?sourceid=chrome-instant&ion=1&espv=2&ie=UTF-8#q=uud+ri+no+20+tahun+2003+tentang+sisdiknas&safe=active), diakses
30 Agustus 2014.
Pihak I Pihak
II
Dosen Pengampu, a.n.
Mahasiswa,
(Cahyo
Hasanudin, M.Pd.) (Denny Dwi Ratmoko)
NIDN - NIM 14110055
Mengetahui,
Ka. Prodi. Jur.
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
(Agus Darmuki, M.Pd.)
NIDN
0721088503
0 comments:
Post a Comment