KONTRAK PERKULIAHAN
Fakultas : FPBS
Program Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama Mata Kuliah :
Kritik Sastra
Kode Matakuliah :
MKB 320
Smt/Bobot : 3/2 SKS
Alokasi Waktu : 2
X 50’
Standar
Kompetensi : Pada
akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan
pemahaman yang komprehensif dan fungsional tentang dasar-dasar kritik sastra dengan berbagai komponen dan
aspeknya serta mampu
menyoroti, menganalisis, mengkritik dan
memecahkan berbagai persoalan yang
tekandung dalam karya sastra (c3)
1. Manfaat Matakuliah
Dengan mengambil matakuliah Kritik Sastra ini, mahasiswa diharapkan dapat mendeskripsikan hakikat kritik sastra, macam-macam kritik
sastra, metode kritik sastra, aspek-aspek kritik sastra, teori kritik sastra
Indonesia modern pada periode kritik sastrawan, teori kritik sastra Indonesia
Modern pada periode kritik sastra akademik, kritik sastra feminisme, kritik
terapan dalam kritik sastra Indonesia modern, beberapa masalah kritik sastra Indonesia modern, sketsa teori kritik
sastra Indonesia, buku-buku kritik sastra Indonesia, masa depan kritik sastra
Indonesia, penulisan dan penilaian kritik sastra.
2. Deskipsi Matakuliah
Matakuliah Kritik Sastra untuk semester tiga ini
meliputi:
Hakikat kritik sastra, macam-macam kritik sastra, metode kritik sastra,
aspek-aspek kritik sastra, teori kritik sastra Indonesia modern pada periode
kritik sastrawan, teori kritik sastra Indonesia Modern pada periode kritik
sastra akademik, kritik sastra feminisme, kritik terapan dalam kritik sastra
Indonesia modern, beberapa masalah kritik
sastra Indonesia modern, sketsa teori kritik sastra Indonesia, buku-buku
kritik sastra Indonesia, masa depan kritik sastra Indonesia, penulisan dan
penilaian kritik sastra.
3. SK, KD, dan Indikator
1) Standar Kompetensi (SK) :
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan
pemahaman yang komprehensif dan fungsional tentang dasar-dasar kritik sastra dengan berbagai komponen dan
aspeknya serta mampu
menyoroti, menganalisis, mengkritik dan
memecahkan berbagai persoalan yang
tekandung dalam karya sastra.
(c3).
2) Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
a.
Program
perkuliahan kritik sastra (c1)
1)
Orientasi
perkuliahan
b.
Hakikat
kritik sastra (c1)
1) Mendeskripsikan sejarah perkembangan
kritik sastra
2) Mendeskripsikan pengertian kritik sastra
3) Mendeskripsikan sifat dan fungsi kritik
sastra
4) Mendeskripsikan kedudukan kritik sastra di
antara cabang studi sastra yang lain
c.
Macam-macam
kritik sastra (c1)
1)
Menyebutkan
jenis kritik sastra berdasarkan bentuknya
2)
Menyebutkan
jenis kritik sastra berdasarkan pelaksanaan atau praktik kritiknya
3)
Menyebutkan
jenis kritik sastra berdasarkan orientasi atau pendekatannya terhadap karya
sastra
d.
Metode
kritik sastra (c2)
1)
Menginterpretasikan
metode struktural
2)
Menginterpretasikan
metode perbandingan
3)
Menginterpretasikan
metode sosiologi sastra
4)
Menginterpretasikan
metode estetika resepsi
5)
Menginterpretasikan
metode pengudaran teks
e.
Aspek-aspek
kritik sastra (c2)
1)
Mengemukakan
aspek penafsiran (interpretasi)
2)
Mengemukakan
aspek penguraian (analisis)
3)
Mengemukakan
aspek penilaian (evaluasi)
f.
Teori
kritik sastra Indonesia modern pada periode kritik sastrawan (c2)
1)
Menjelaskan
situasi kritik sastra Indonesia modern
2)
Menjelaskan
teori kritik sastra pada periode Balai Pustaka
3)
Menjelaskan
teori kritik sastra pada periode Pujangga Baru
4)
Menjelaskan
teori kritik sastra pada periode angkatan 45
g.
Teori
kritik sastra Indonesia Modern pada periode kritik sastra akademik (c2)
1)
Menginterpretasikan
teori kritik sastra periode 1956-1975
2)
Menginterpretasikan
teori kritik sastra periode 1976-1988
3)
Menginterpretasikan
teori kritik sastra kontekstual dan perdebatannya
4)
Menginterpretasikan
penolakan terhadap teori dan kritik sastra Barat dan gagasan teori dan kritik
sastra khas Indonesia
h.
Kritik
sastra feminisme (c2)
1)
Menjelaskan
kritik sastra feminis sebuah pengertian
2)
Menjelaskan
penelitian kualitatif sastra berprespektif feminis
3)
Menjelaskan
aplikasi kritik sastra feminis
4)
Menjelaskan
struktur novel
i.
Kritik
terapan dalam kritik sastra Indonesia modern (c2)
1)
Menjelaskan
kritik sastra terapan pada periode Balai Pustaka atau periode 1920-1933
2)
Menjelaskan
kritik sastra terapan pada periode Pujangga Baru atau periode 1933-1942
3)
Menjelaskan
kritik sastra terapan pada periode angkatan 45
4)
Menjelaskan
kritik sastra terapan pada periode 1956-1975
5)
Menjelaskan
kritik sastra terapan pada periode 1976-1988
j.
Beberapa
masalah kritik sastra Indonesia modern (c2)
1)
Menjabarkan
masalah-masalah khusus dalam kritik sastra Indonesia modern
2)
Menjabarkan
kasus Tenggelamnya Kapal van der Wijck
3)
Menjabarkan
kasus “Langit Makin Mendung”
4)
Menjabarkan
kasus pengadilan Polisi
5)
Menjabarkan
para kritikus Asing dalam kesusastraan Indonesia modern
k.
Sketsa
teori kritik sastra Indonesia (c2)
1)
Mendiskusikan
gambaran umum teori kritik sastra Indonesia
2)
Mendiskusikan
teori kritik sastra masa pertumbuhan (1900-1945)
3)
Mendiskusikan
teori kritik sastra masa pergolakan (1945-1965)
4)
Mendiskusikan
teori kritik sastra masa pemapanan (1965-1998)
5)
Mendiskusikan teori kritik sastra masa pembebasan (setelah
1998)
l.
Buku-buku
kritik sastra Indonesia (c2)
1)
Menerangkan
masalah buku kritik sastra Indonesia
2)
Menerangkan
kesusastraan Indonesia modern dalam kritik dan esai 1
3)
Menerangkan
tanggapan dunia Asrul Sani
4)
Menerangkan
Chairil Anwar Sebuah Pertemuan
5)
Menerangkan
Tergantung pada Kata
6)
Menerangkan
Sosok Pribadi dalam Sajak
7)
Menerangkan
dari Mochtar Lubis hingga Mangunwijaya
8)
Menerangkan
Melawan Kucuran Keringat
9)
Menerangkan
Ahmad Tohari: Karya dan Dunianya
10)
Menerangkan
Taufik Ismail: Karya dan Dunianya
11)
Menerangkan
Tamsil Zaman Citra
m.
Masa
depan kritik sastra Indonesia (c2)
1)
Menjabarkan
peta masalah
2)
Menjabarkan
masyarakat kritik sastra
3)
Menjabarkan
kritik sastra alternatif
n.
Penulisan
dan penilaian kritik sastra (c3)
1)
Melakukan
penulisan kritik sastra
2)
Melakukan
penilaian kritik sastra
4. Organisasi Materi
(KD 5)
Aspek-aspek kritik sastra (c2)
|
(KD 4)
Metode kritik sastra (c2)
|
(KD 2)
Hakikat kritik sastra (c1)
|
(KD 3)
Macam-macam kritik sastra (c1)
|
(KD 8)
Kritik sastra feminis (c2)
|
(KD 7)
Teori kritik sastra Indonesia Modern
pada periode kritik sastra akademik (c2)
|
( KD 6)
Teori kritik sastra Indonesia modern
pada periode kritik sastrawan (c2)
|
(KD 1)
Program
perkuliahan Kritik Sastra (c1)
|
Standar Kompetensi (SK): Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan
memiliki pengetahuan dan pemahaman yang komprehensif
dan fungsional tentang dasar-dasar kritik sastra dengan berbagai komponen dan aspeknya serta mampu menyoroti,
menganalisis, mengkritik dan
memecahkan berbagai persoalan
yang tekandung dalam karya sastra (c3).
|
(KD 10)
Beberapa masalah kritik sastra Indonesia modern (c2)
|
(KD 9)
Kritik terapan dalam kritik sastra
Indonesia modern (c2)
|
(KD 12)
Buku-buku kritik sastra Indonesia (c2)
|
(KD 11)
Sketsa teori kritik sastra Indonesia (c2)
|
(KD 13)
Masa depan kritik sastra Indonesia (c2)
|
(KD 14)
Penulisan dan penilaian kritik
sastra (c3)
|
5. Strategi Pembelajaran
Perkuliahan ini lebih banyak
dilakukan dengan menggunakan
metode ceramah dan diskusi. Mahasiswa
juga mendapatkan materi kuliah dalam bentuk handout sebagai tambahan materi
yang berisi ringkasan materi yang akan mempermudah mahasiswa dalam memahami
pelajaran. Mahasiswa wajib melakukan latihan-latihan soal baik secara individu
maupun kelompok. Penyelesain soal-soal ini didahului dengan tata cara
penyelesaiannya.
6. Tugas-tugas
Tugas individu diberikan dosen setiap akhir pertemuan untuk membiasakan
mahasiswa menyelesaiakan soal-soal Kritik Sastra dan akan dibahas pada
pertemuan berikutnya. Tugas kelompok diberikan minimal satu kali setiap
setengah semester dan diserahkan sesuai waktu yang di tentukan. Keterlambatan
penyerahan tugas-tugas akan mempengaruhi nilai. Jika
mahasiswa tidak mengumpulkan tugas, maka hal ini sangat berpengaruh dalam
proses penilaian UTS dan UAS.
7. Kreteria Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, penugasan,
penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen
sebagai berikut :
Terkait dengan standar penilaian
digunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan
sebagai berikut :
Interval
|
Nilai Huruf
|
Nilai angka
|
80 – 100
|
A
|
4
|
70 – 79
|
B
|
3
|
60 – 69
|
C
|
2
|
40 – 59
|
D
|
1
|
00 – 39
|
E
|
0
|
No
|
Komponen
Evaluasi
|
Bobot
|
1
|
Kehadiran mahasiswa
|
10%
|
2
|
Tugas
|
20%
|
3
|
UTS
|
30%
|
4
|
UAS
|
40%
|
Total
|
100%
|
8. Jadwal
Pertemuan ke
|
Pokok Bahasan
|
Sumber Belajar/Hal
|
Penilaian
|
1
|
Program
perkuliahan Kritik Sastra
|
Penugasan
|
|
2
|
Hakikat kritik sastra
|
Penugasan
|
|
3
|
Macam-macam kritik sastra
|
Penugasan
|
|
4
|
Metode kritik sastra
|
penugasan
|
|
5
|
Aspek-aspek kritik sastra
|
||
6
|
Teori kritik sastra
Indonesia modern pada periode kritik sastrawana
|
Penugasan
|
|
7
|
Teori kritik sastra
Indonesia modern pada periode kritik sastra akademik
|
||
8
|
UTS
|
||
9
|
Kritik sastra feminis
|
Penugasan
|
|
10
|
Kritik terapan dalam kritik
sastra Indonesia modern
|
penugasan
|
|
11
|
Beberapa masalah kritik
sastra Indonesia modern
|
penugasan
|
|
12
|
Sketsa teori kritik sastra
Indonesia
|
penugasan
|
|
13
|
Buku-buku kritik sastra
Indonesia
|
penugasan
|
|
14
|
Masa depan kritik sastra
Indonesia
|
penugasan
|
|
15
|
Penulisan dan penilaian
kritik sastra
|
penugasan
|
|
16
|
UAS
|
Materi
Ujian
|
9. Bahan Bacaan/Pustaka
Buku Utama
Lukman, Ali. (Ed). 1978. Tentang Kritik Sastra: Sebuah
Diskusi. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa: Jakarta.
Mursal, Esten. 1987. Kritik Sastra Indonesia. Padang: Angkasa Raya.
Pradopo, Rachmat Djoko. 1994. Prinsip-Prinsip
Kritik sastra Indonesia. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
----------. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.
----------. 2013. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta:
Pustaka Belajar.
Sugihastuti dan Suharto. 2013. Kritik Sastra Feminis: Teori dan Aplikasi.
Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Suyitno. 2009. Kritik
Sastra. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Yudiono, K.S. 2009. Pengkajian Kritik Sastra Indonesia. Jakarta: Grasindo.
Referensi
Abrams,
Meyer H. 1999. A Glossary of Literary
Terms: Seventh Editon. United States of America: Heinle & Heinle
Thomson Learning.
Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Boulton, Marjorie. 1984. The Anatomy of Novel.
London: Routledge & Keagan Paul.
Eagleton, terry.
1996. Teori Sastra: Literary Theori: An
Introduction, 2nd Edition. Terjemahan Harfiah Widyawati dan Evi
Setyarini. 2007. Yogyakarta: Jalasutra.
Escarpit, Robert. 2008. Sosiologi
Sastra. Terjemahan Ida Sundari Husen. Jakarta: Buku Obor.
Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra: Sebuah Penjelasan
Awal. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hartoko, Dick dan Rahmanto. 1986. Pemandu di Dunia Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Hartono, 2005. Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi
di Sekolah Menengah. Cakrawala Pendidikan.
23 (3):441-458.
Kenney, William. 1966. How
to Analyze Fiction. New York:
Monarch Press.
Kosasih. E. 2012. Dasar-dasar Keterampilan Bersastra.
Bandung: CV Yrama Widya.
Luxemburg, Jan Van,
Mieke Bal, dan Willem G. Weststeijn. 1982. Pengantar
Ilmu Sastra. Terjemahan Dick Hartoko. 1986. Jakarta: PT Gramedia.
Nurgiyantoro, Burhan.
2010. Teori Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
----------. 2013. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Rahmanto, B. 1988. Metode
Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Saryono, Djoko. 2009. Dasar
Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Elmatera Publishing.
Sayuti, Suminto A.
2000. Berkenalan dengan prosa fiksi.
Yogyakarta: Gama Media.
Semi, M. Atar. 1993. Anatomi
Sastra. Padang: Angkasa Raya.
Stanton, Robert.
1965. An Introduction to Fiction. New
York: Holt Rinehart and Winston.
Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori
Sastra. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya.
Waluyo, Herman J.
2011. Pengkajian dan Apresiasi Prosa
Fiksi. Surakarta: UNS Press.
Wardani, Nugraheni
Eko. 2009. Makna Totalitas dalam Karya
Sastra. Surakarta: UNS Press.
Winarni, Retno.
2013. Kajian Sasta. Salatiga: Widya
Sari Press.
Pihak I Pihak
II
Dosen Pengampu, a.n.
Mahasiswa,
(Cahyo
Hasanudin, M.Pd.) (Imam Wahyudi)
NIDN - NIM 13110021
Mengetahui,
Ka. Prodi. Jur.
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
(Agus Darmuki, M.Pd.)
NIDN
0721088503
Revisi
Pertemuan ke
|
Pokok Bahasan
|
Sumber Belajar/Hal
|
Penilaian
|
1
|
Program
perkuliahan Kritik Sastra
|
Penugasan
|
|
2
|
Hakikat kritik sastra
|
Penugasan
|
|
3
|
Macam dan metode kritik
sastra
|
Penugasan
|
|
4 dan 5
|
Aspek-aspek kritik sastra
|
penugasan
|
|
6
|
Teori kritik sastra
Indonesia modern pada periode kritik sastrawana
|
Penugasan
|
|
7
|
Teori kritik sastra
Indonesia modern pada periode kritik sastra akademik
|
||
8
|
UTS
|
||
9
|
Kritik sastra feminis
|
Penugasan
|
|
10
|
Kritik terapan dalam kritik
sastra Indonesia modern
|
penugasan
|
|
11
|
Beberapa masalah kritik
sastra Indonesia modern
|
penugasan
|
|
12
|
Sketsa teori kritik sastra
Indonesia
|
penugasan
|
|
13
|
Buku-buku kritik sastra
Indonesia
|
penugasan
|
|
14
|
Masa depan kritik sastra
Indonesia
|
penugasan
|
|
15
|
Penulisan dan penilaian
kritik sastra
|
penugasan
|
|
16
|
UAS
|
Materi
Ujian
|
Maaf pak terus materi pempelajaranya mana? Kok hanya kontrak kuliah saja yang ada di blogspot bapak, saya andi mtk tingkat 1-b
ReplyDelete