KONTRAK PERKULIAHAN
Fakultas : FPBS
Program Studi : Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama Mata Kuliah :
Perkembangan Peserta Didik
Kode Matakuliah :
MKB 324
Smt/Bobot : 3/3 SKS
Alokasi Waktu : 3
X 50’
Standar
Kompetensi : Pada
akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan
dalam dunia pendidikan tentang dasar-dasar teori dan materi perkembangan peserta didik
dengan berbagai komponen dan aspeknya serta mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan tentang perkembangan peserta didik di sekolah (c3).
1. Manfaat Matakuliah
Dengan mengambil matakuliah Perkembangan Peserta Didik ini, mahasiswa diharapkan dapat mendeskripsikan konsep dasar perkembangan
peserta didik, variasi individual peserta didik, kebutuhan peserta didik serta
implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan fisik peserta didik serta
implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan, dinamika perkembangan peserta
didik, perkembangan kognisi peserta didik, perkembangan kreativitas peserta
didik, perkembangan kepribadian peserta didik, perkembangan resiliensi peserta
didik, perkembangan hubungan interpersonal peserta didik, perkembangan tingkah
laku prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan,
perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap
pendidikan.
2. Deskipsi Matakuliah
Matakuliah perkembangan peserta didik untuk semester
tiga ini meliputi:
Konsep dasar perkembangan peserta didik, variasi individual peserta didik,
kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan
fisik peserta didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan,
dinamika perkembangan peserta didik, perkembangan kognisi peserta didik,
perkembangan kreativitas peserta didik, perkembangan kepribadian peserta didik,
perkembangan resiliensi peserta didik, perkembangan hubungan interpersonal
peserta didik, perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta
implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan moral dan spiritual peserta
didik serta implikasinya terhadap pendidikan.
3. SK, KD, dan Indikator
1) Standar Kompetensi (SK) :
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan
mengaplikasikan dalam dunia pendidikan tentang dasar-dasar teori dan materi perkembangan peserta
didik dengan berbagai komponen dan aspeknya serta mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan tentang perkembangan peserta didik di
sekolah (c3).
2) Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
a.
Mahasiswa
mampu memahami program perkuliahan kritik sastra (c1)
1)
Orientasi
perkuliahan
b.
Mahasiswa
mampu mendeskripsikan makna perkembangan peserta didik
1) Mendeskripsikan pengertian perkembangan
peserta didik
2) Mendeskripsikan tujuan perkembangan
peserta didik
3) Mendeskripsikan manfaat perkembangan
peserta didik
4) Mendeskripsikan prinsip-prinsip
perkembangan
5) Mendeskripsikan karakteristik perkembangan
peserta didik usia SD/MI
c.
Mahasiswa
mampu menyebutkan konsep dasar perkembangan peserta didik (c1)
1)
Menyebutkan
hakikat perkembangan
2)
Menyebutkan
hukum-hukum perkembangan
3)
Menyebutkan
fase-fase perkembangan
4)
Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
5)
Menyebutkan
gambaran umum tentang aspek-aspek perkembangan peserta didik
6)
Menyebutkan karakteristik umum perkembangan peserta didik
d.
Mahasiswa
mampu menginterpretasikan variasi individual peserta didik (c2)
1)
Menginterpretasikan
pengertian peserta didik
2)
Menginterpretasikan
teori-teori psikologi tentang hakikat peserta didik
3)
Menginterpretasikan
peserta didik sebagai makhluk individual
4)
Menginterpretasikan
perbedaan individual peserta didik
5)
Menginterpretasikan
karakteristik individu dan implementasinya terhadap pendidikan
e.
Mahasiswa
mampu mengemukakan kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap
pendidikan (c2)
1)
Mengemukakan
teori kebutuhan
2)
Mengemukakan
kebutuhan dasar manusia
3)
Mengemukakan
kebutuhan peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan
f.
Mahasiswa
mampu menjelaskan perkembangan fisik peserta didik serta implikasi perkembangan
otak terhadap pendidikan (c2)
1)
Menjelaskan
pengertian perkembangan fisik
2)
Menjelaskan
karakteristik perkembangan fisik peserta didik
3)
Menjelaskan
isu-isu dalam perkembangan fisik: nature
dan nurture
4)
Menjelaskan
implikasi genetik dan lingkungan terhadap pendidikan
5)
Menjelaskan
perkembangan otak
6)
Menjelaskan
implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan
g.
Mahasiswa
mampu menginterpretasikan dinamika perkembangan peserta didik (c2)
1)
Menginterpretasikan
peserta didik sebagai subjek
2)
Menginterpretasikan
dinamika perkembangan anak
3)
Menginterpretasikan
dinamika perkembangan remaja
h.
Mahasiswa
mampu menjelaskan perkembangan kognisi peserta didik (c2)
1)
Menjelaskan
teori dasar teori kognisi
2)
Menjelaskan
kajian akademik psikologi kognitif
3)
Menjelaskan
kognitif sebagai sains
i.
Mahasiswa
mampu menjelaskan perkembangan kreativitas peserta didik (c2)
1)
Menjelaskan
pengertian kreativitas
2)
Menjelaskan
konsep dasar teori kreativitas
3)
Menjelaskan
kelahiran kreativitas
4)
Menjelaskan
kriteria kreativitas
5)
Menjelaskan
kreativitas dan intelegensi
6)
Menjelaskan
proses kreatif
7)
Menjelaskan
ciri-ciri kepribadian orang kreatif
8)
Menjelaskan
studi empiris modern tentang kreativitas
j.
Mahasiswa
mampu menjabarkan perkembangan kepribadian peserta didik (c2)
1)
Menjabarkan
pengertian kepribadian
2)
Menjabarkan
konsep dasar teori kepribadian
3)
Menjabarkan
perkembangan karakteristik kepribadian
4)
Menjabarkan
penilaian kepribadian
k.
Mahasiswa
mampu mendiskusikan perkembangan resiliensi peserta didik (c2)
1)
Mendiskusikan
asal usul konsep resiliensi
2)
Mendiskusikan
pengertian resiliensi
3)
Mendiskusikan
ciri-ciri dan faktor resiliensi
4)
Mendiskusikan
upaya pengembangan resiliensi peserta didik dan implikasinya terhadap
pendidikan
l.
Mahasiswa
mampu menerangkan perkembangan hubungan interpersonal peserta didik (c2)
1)
Menerangkan
hubungan peserta didik dengan keluarga
2)
Menerangkan
hubungan peserta didik dengan teman sebaya
3)
Menerangkan
persahabatan
4)
Menerangkan
hubungan peserta didik dengan sekolah
m.
Mahasiswa
mampu menjabarkan perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta
implikasinya terhadap pendidikan (c2)
1)
Menjabarkan
pengertian tingkah laku prososial
2)
Menjabarkan
sumber tingkah laku proposial
3)
Menjabarkan
perkembangan tingkah laku propososial
4)
Menjabarkan
keputusan tingkah laku prososial
5)
Menjabarkan
faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan tingkah laku prososial
6)
Menjabarkan
implikasi perkembangan tingkah laku prososial terhadap pendidikan
n.
Mahasiswa
mampu menggambarkan perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta
implikasinya terhadap pendidikan (c3)
1)
Menggambarkan
perkembangan moral
2)
Menggambarkan
teori psikoanalisis tentang perkembangan moral
3)
Menggambarkan
perkembangan spiritual
4)
Menggambarkan
karakteristik perkembangan spiritualitas peserta didik
Menggambarkan implikasi perkembangan moral dan
spiritual terhadap pendidikan
4. Organisasi Materi
5. Strategi Pembelajaran
Perkuliahan ini lebih banyak
dilakukan dengan menggunakan
metode ceramah dan diskusi. Mahasiswa
juga mendapatkan materi kuliah dalam bentuk handout sebagai tambahan materi
yang berisi ringkasan materi yang akan mempermudah mahasiswa dalam memahami
pelajaran. Mahasiswa wajib melakukan latihan-latihan soal baik secara individu
maupun kelompok. Penyelesain soal-soal ini didahului dengan tata cara
penyelesaiannya.
6. Tugas-tugas
Tugas individu diberikan dosen setiap akhir pertemuan untuk membiasakan
mahasiswa menyelesaiakan soal-soal Kritik Sastra dan akan dibahas pada
pertemuan berikutnya. Tugas kelompok diberikan minimal satu kali setiap
setengah semester dan diserahkan sesuai waktu yang di tentukan. Keterlambatan
penyerahan tugas-tugas akan mempengaruhi nilai. Jika
mahasiswa tidak mengumpulkan tugas, maka hal ini sangat berpengaruh dalam
proses penilaian UTS dan UAS.
7. Kreteria Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, penugasan,
penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen
sebagai berikut :
Terkait dengan standar penilaian
digunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan
sebagai berikut :
Interval
|
Nilai Huruf
|
Nilai angka
|
80 – 100
|
A
|
4
|
70 – 79
|
B
|
3
|
60 – 69
|
C
|
2
|
40 – 59
|
D
|
1
|
00 – 39
|
E
|
0
|
No
|
Komponen
Evaluasi
|
Bobot
|
1
|
Kehadiran mahasiswa
|
10%
|
2
|
Tugas
|
20%
|
3
|
UTS
|
30%
|
4
|
UAS
|
40%
|
Total
|
100%
|
8. Jadwal
Pertemuan ke
|
Pokok Bahasan
|
Sumber Belajar/Hal
|
Penilaian
|
1
|
Program
perkuliahan perkembangan peserta didik
|
Penugasan
|
|
2
|
Makna perkembangan peserta
didik
|
Penugasan
|
|
3
|
Konsep dasar perkembangan
peserta didik
|
Penugasan
|
|
4
|
Variasi individual peserta
didik
|
penugasan
|
|
5
|
Kebutuhan peserta didik
serta implikasinya terhadap pendidikan
|
||
6
|
Perkembangan fisik peserta
didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan
|
Penugasan
|
|
7
|
Dinamika perkembangan
peserta didik
|
||
8
|
UTS
|
||
9
|
Perkembangan kognisi peserta
didik
|
Penugasan
|
|
10
|
Perkembangan kreativitas
peserta didik
|
penugasan
|
|
11
|
Perkembangan kepribadian
peserta didik
|
penugasan
|
|
12
|
Perkembangan resiliensi
peserta didik
|
penugasan
|
|
13
|
Hubungan interpersonal
peserta didik
|
penugasan
|
|
14
|
Perkembangan tingkah laku
prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
|
penugasan
|
|
15
|
Perkembangan moral dan
spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
|
penugasan
|
|
16
|
UAS
|
9. Bahan Bacaan/Pustaka
Alwisol. 2011. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM
Press.
Desmita. 2011. Psikologi
Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span
Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
----------.1978. Child Development: Sixth Edition. Terjemahan Meitasari Tjandrasa.
1999. Jakarta: Erlangga.
Lickona, Thomas. 2012. Character
Matters: Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian
yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Maslow, Abraham. 1995. The Third Force, The Psychology of Abraham
Maslow. Terjemahan Supratinya. 1971. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Supriadi, Oding. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta:
PT Kurnia Kalam Semesta.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Pihak I Pihak
II
Dosen Pengampu, a.n.
Mahasiswa,
(Cahyo
Hasanudin, M.Pd.) (Imam Wahyudi)
NIDN - NIM 13110021
Mengetahui,
Ka. Prodi. Jur.
Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia
(Agus Darmuki, M.Pd.)
NIDN
0721088503
Revisi
Pertemuan ke
|
Pokok Bahasan
|
Sumber Belajar/Hal
|
Penilaian
|
1
|
Program
perkuliahan perkembangan peserta didik
|
Penugasan
|
|
2
|
Makna perkembangan peserta
didik
|
Penugasan
|
|
3
|
Konsep dasar perkembangan
peserta didik
|
Penugasan
|
|
4
|
Variasi individual peserta
didik
|
penugasan
|
|
5
|
Kebutuhan peserta didik
serta implikasinya terhadap pendidikan
|
||
6
|
Perkembangan fisik peserta
didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan
|
Penugasan
|
|
7
|
Perkembangan tingkah laku
prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
|
||
8
|
UTS
|
||
9
|
Perkembangan kognisi peserta
didik
|
Penugasan
|
|
10
|
Perkembangan konsep diri,
kemandirian, dan penyesuaian diri peserta didik
|
penugasan
|
|
11
|
Perkembangan kreativitas
peserta didik
|
penugasan
|
|
12
|
Perkembangan kepribadian
peserta didik
|
penugasan
|
|
13
|
Perkembangan resiliensi
peserta didik
|
penugasan
|
|
14
|
Hubungan interpersonal
peserta didik
|
penugasan
|
|
15
|
Perkembangan moral dan
spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
|
penugasan
|
|
16
|
UAS
|
0 comments:
Post a Comment