Monday 6 April 2015

pembelajaran kooperatif 2

Pengertian Pembelajaran Kooperatif

Ada beberapa definisi pembelajaran kooperatif yang dikemukakan oleh beberapa orang ahli pendidikan. Menurut Slavin bahwa dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama, saling menyumbang pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar individu maupun kelompok (dalam skripsi Lili, 2005:9). Menurut Cohen (dalam skripsi Lili, 2005:9) pembelajaran kooperatif memiliki arti belajar berkolaborasi, belajar secara kooperatif, kerja kelompok, dan menunjukkan ciri sosial yaitu penekanannya pada aspek tugas-tugas kolektif yang harus dikerjakan bersama kelompok dan pendelegasian wewenang guru kepada siswa. 

Menurut Halubec (dalam Nurhadi dan Senduk, 2003:59), model pembelajaran kooperatif yaitu suatu model pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerjasama dalam kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif merupakan ide lama, pada awal abad pertama seorang filosof berpendapat bahwa untuk dapat belajar, seorang harus memiliki teman.

Dari beberapa pendapat diatas dapat dipahami bahwa pembelajaran kooperatif merupakan siswa belajar bersama, saling menyumbangkan pikiran dan bertanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar individu maupun kelompok.


Ciri-Ciri Pembelajaran Kooperatif

Model pembelajaran kooperatif memiliki ciri-ciri sebagai berikut: a) Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya, b) Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah, c) Bilamana mungkin anggota kelompok berasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin yang berbeda-beda, d) Penghargaan lebih berorientasi kelompok daripada individu (Ibrahim,2000: 6-7).

silakan download di sini

0 comments:

Post a Comment