Wednesday 5 July 2017

Tugas Membuat Opini mahasiswa prodi Matematika

kriteria Penilaian
membuat opini  poin 25
mengungah di blog poin 25
terbit di media cetak atau online poin 50

kriteria pengunggahan isikan
nama  :
NIM   :
URL   :
opini   :

58 comments:

  1. Nama : Cahyo Hasanudin
    NIDN : 0706058801
    URL : http://blokbojonegoro.com/v2/artikel/kolom/48310-tiga-pilar-penopang-bojonegoro-semakin-matoh.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama: Anik Yuliati
      NIM: 16310003
      URL: http://kartarmojodelik.blogspot.co.id/2017/07/efek-domino-proyek-migas-banyu-urip-blok-cepu-terhadap-masyarakat-sekitar.html?m=1

      Delete
    2. Nama:Etty Puspitaningrum
      NIM: 16310013
      URL: http://kartarmojodelik.blogspot.co.id/2017/07/penerapan-pentingnya-pendidikan-wajib-belajar-12-tahun-di-kabupaten-bojonegoro.html?m=1

      Delete
  2. Nama : Fera Nur Afifa
    NIM. : 16310014
    Prodi. : Pend.Matematika /1
    URL. : https://free.facebook.com/story.php?story_fbid=1575272222544832&id=611510455648123&refid=18&__tn__=C-R

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Nama : Lailatur Rofiqoh
    NIM. : 16310027
    Proud : Pendidikan Matematika
    URL :
    http://militan.co.id/2017/07/29/opini-kasus-mega-korupsi-e-ktp-melibatkan-banyak-pejabat-negara/
    Opini : kasus e-KTP

    ReplyDelete
  5. Nama : Fera Nur Afifa
    NIM. : 16310014
    Prodi. : Pend.Matematika /1
    URL. :https://lapor.go.id/#

    ReplyDelete
  6. Nama : Lailatur Rofiqoh
    NIM. : 16310027
    Proud : Pendidikan Matematika
    URL :
    http://militan.co.id/2017/07/29/opini-kasus-mega-korupsi-e-ktp-melibatkan-banyak-pejabat-negara/
    Opini : kasus e-KTP

    ReplyDelete
  7. Nama: Ika Nur Ayu Mi'nikmah
    NIM: 16310017
    Prodi: Pend.Matematika/1
    Opini:
    Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan

    Untuk meningkatkan metabolism serta mempengaruhi manfaat kelenjar didalam tubuh untuk menghasilkan system kekebalan tubuh dalam usaha menjaga dari masalah penyakit dan stress adalah olahraga.
    Namun pada kenyataanya, saat ini banyak masyarakat yang tidak terlalu memperhatikan manfaat olahraga tersebut, padahal olahraga adalah kesibukan yang benar-benar utama untuk menjaga kesehatan seseorang.
    Masyarakat biasanya langsung melakukan aktivitas dan pekerjaannya tanpa melakukan olahraga ringan dipagi hari sebelum berangkat beraktivitas.
    Manfaat olahraga adalah dapat membantu melindungi dari penyakit seperti stroke, jantung, diabetes, osteoporosis dan nyeri punggung. Kenyataannya banyak masyarakat masyarakat kita yang terkena penyakit ini dan dirasakannya setelah pensiun atau tidak dituntut untuk beraktivitas atau bekerja lagi seperti biasanya, akibatnya berpengaruh pada suasana hati sehingga mengakibatkan stress karena hanya bisa berdiam dirumah tidak ada kesibukan lain.
    Olahraga juga bisa membantu menunda proses penuaan riset membuktikan bahwa latihan sederhana seperti jalan kaki secara teratur dapat membantu mengurangi penurunan mental pada wanita diatas usia 65 tahun. Semakin sering dan lama mereka melakukannya maka penurunan mental kian lambat. Kabarnya, banyak orang merasakan manfaat aktivitas itu setelah sembilan minggu melakukannya secara teratur tiga kali seminggu. Latihan ini tidak harus dilakukan dalam intensis tinggi, cukup berupa jalan kaki disekitar rumah.
    Manfaat olahraga ini tidak hanya bermanfaat bagi orang tua saja namun anak anak atau generasi muda juga harus mengerjakan aktivitas ini, seperti latihan kebugaran jasmani yang bermanfaat untuk :
    1) Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.
    Karena zat-zat makanan atau energi yang tertimbun didalam tubuh, kegemukan atau
    obesitas juga bisa terjadi karena tubuh kurang beraktivitas.
    2) Menambah kepintaran otak.
    Otak yang pintar adalah otak yang sirkulasi oksigennya lancar. Olahraga mampu melancarkan sirkulasi oksigen ke otak. Itu sebabnya olahraga mampu menjauhkan dari penyakit-penyakit melemahkan kerja otak.
    3) Mengurangi LDL dan menaikkan HDL.
    Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa jalan kaki atau joging selama 24-32 km/minggu mampu menurunkan lemak jahat (LDL) dan menaikkan lemak baik (HDL)
    Dengan demikian, pemerintah daerah sudah sewajarnya mengusahakan untuk meningkatkan sistem olahraga massal, seperti halnya senam massal dan berjalan 1000 langkah yang dilakukan antar kecamatan atau desa seminggu sekali, dengan tujuan mengajarkan masyarakat hidup sehat dengan berolahraga secara rutin untuk menjaga stamina tubuh agar selalu fit.

    ReplyDelete
  8. Nama: Sri Wahyuni
    NIM: 16310037
    Prodi: Pend.Matematika/1
    Opini: Peran Orang Tua Cerdas

    Pendidikan merupakan salah satu hal yang selalu diutamakan oleh orang tua kepada anaknya. Di era modern ini, masyarakat semakin menyadari bahwa memberikan pendidikan sejak usia dini adalah hal yang sangat penting karena hal ini diharapkan mampu menggali potensi yang ada didalam diri anak dan menumbuhkan rasa percaya diri. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua agar selalu memberi dorongan dan berperan langsung dalam proses meningkatkan perkembangan anak.
    Orang tua memegang peranan penting dalam meningkatkan minat belajar anak. Jika orang tua menginginkan anaknya menjadi pribadi yang cerdas maka orang tualah yang lebih dahulu harus memiliki pemikiran yang cerdas. Cerdas disini bukan berarti orang tua dapat menguasai materi seperti yang diajarkan disekolah, cerdas disini maksudnya adalah kondisi dimana orang tua bisa melakukan upaya apapun yang dapat menunjang pendidikan anak sehingga anak mampu mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi.
    Orang tua yang cerdas akan selalu berupaya untuk memberikan yang terbaik. Ada beberapa cara atau contoh peran aktif orang tua cerdas dalam meningkatkan minat belajar anak.
    Pertama, memberikan motivasi kepada anak. Motivasi yang diberikan oleh orang tua dapat meningkatkan semangat belajar anak sehingga anak melakukan kegiatan belajar dengan senang karena didorong oleh motivasi dari dalam dirinya sendiri dan motivasi dari orang tua.
    Kedua, orang tua yang cerdas akan selalu berupaya menggali dan memancing keluar potensi yang ada di dalam diri anaknya. Misalnya saja, membiarkan anak melakukan hal- hal yang disukai. Namun, perlu diketahui bahwa setiap kegiatan yang dilakukan anak harus dalam pantauan orang tua sehingga orang tua bisa mengarahkan agar anaknya melakukan hal positif yang dapat menunjang perkembangannya. Orang tua harus mengajarkan pada anak mana yang baik dan mana yang buruk serta hal apa saja yang boleh dilakukan dan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan.
    Ketiga, dengan perkembangan teknologi modern seperti sekarang ini ajarilah anak untuk memanfaatkan teknologi yang ada dengan benar agar anak mampu mengikuti perkembangan zaman. Namun perlu diingat bahwa semua teknologi yang digunakan harus dipakai untuk hal-hal yang positif. Jadi, ketika anak memakainya orang tua harus siap mendampingi dan melihat kegiatan apa saja yang dilakukan oleh anaknya agar teknologi yang digunakan tidak dipakai untuk hal-hal yang negatif yang nantinya dapat merusak masa depan anak.
    Keempat, orang tua cerdas akan selalu meluangkan waktu untuk anak. Situasi tersebut sangat penting digunakan untuk melakukan pendekatan kepada anak dan mengenalnya lebih dekat sehingga dapat mengontrol dan mengarahkan anak untuk melakukan hal yang benar.
    Kelima, seorang anak akan mempunyai semangat dan termotivasi untuk belajar jika anak tersebut merasa nyaman. Anak akan merasa nyaman ketika ia merasa senang dengan kondisi keluarganya yang harmonis. Oleh karena itu, orang tua harus memberikan kasih sayang yang tulus serta menjaga agar kondisi keluarganya selalu kondusif. Rasa percaya orang tua yang ditanamkan pada diri anak akan mengajarkan sikap bertanggung jawab yang akan terus melekat didalam diri anak.
    Keenam, orang tua cerdas harus bisa membagi waktu efektif anak. Menjadwalkan waktu yang tepat untuk belajar adalah salah satunya. Pemilihan waktu belajar bisa dilakukan di jam-jam saat anak memang tidak sepatutnya bermain dijam tersebut misalnya di sore atau malam hari.
    Meskipun orang tua memiliki hak penuh mengenai diri anak, orang tua juga tidak boleh mengekang anak dengan egonya sendiri tanpa mengetahui dahulu apa yang diinginkan oleh anaknya. Jika anak menolak untuk mengikuti apa yang orang tua katakan, sudah menjadi kewajiban bagi orang tua untuk pintar-pintarnya memberi pengertian kepada anak agar mau melakukan apa yang disarankannya karena anak akan menjadi pribadi yang cerdas jika orang tuanya memiliki pemikiran cerdas dalam mendidiknya.

    ReplyDelete
  9. Nama : Maria Ulfah
    NIM : 16310030
    Prodi : Pendidikan Matematika / I
    Opini :

    REMAJA DAN PERILAKU SANTUN DI JALAN RAYA


    Kebanyakan para remaja saat ini menyukai aksi kebut – kebutan di jalan raya tanpa melihat risiko yang dihadapinya. Hal ini mengundanf kontroversi bagi seluruh masyarakat yang daerahnya berdekatan dengan jalan raya tentunya para petugas lalu lintas geram dengan aksi tersebut, hal ini menimbulkan suatu ide bagi para petugas Dinas Perhubungan dan bekerja sama dengan satuan POLRI mengadakan Sosialisasi Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dengan melibatkan siswa-siswi dari berbagai sekolah.

    Kegiatan ini mendapat apresiai dari banyak masyarakat, penyebab remaja suka kebut-kebutan antara lain ingin mencari sensasi di jalan raya, ingin disegani oleh pengendara lain, dan merasa dirinya bisa berkendara dengan sebaik-baiknya. Tentunya faktor orang tua diperlukan dalam hal bersosialisai seperti itu, diharapkan para orang tua mendidik putra-putri mereka agar mengerti tentang peraturan lalulintas dan berkendara yang baik di jalan raya.

    Dengan adanya sosialisasi tersebut para siswa-siswi dari berbagai sekolah dapat mengetahui bagaimana pentingnya berkendara yang baik dan mematuhi peraturan lalulintas di jalan raya agar bisa mengantisipasi terjadinya aksi kebut-kebutan dan kecelakaan baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Para siswa-siswi yang termasuk dalam golongan remaja tersebut dibimbing untuk tidak melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya, hal ini bertujuan untuk mendidik para remaja agar tidak mengulangi atau bahkan melakukan hal tersebut dikarenakan dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Dalam dunia lalu lintas para pengendara motor baik remaja maupun dewasa harus memilik kelengkapan surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK, hal tersebut berguna untuk menghindari rasa tidak tanggungjawab para pengendara di jalan raya.

    Untuk mewujudkan pengendara tetib lalu lintas ,perlu adanya dukungan dari masyarakat dan juga para siswa yang termasuk ke dalam golongan remaja agar menaati peraturan lalulintas dan rambu-rambu lalu lintas yang ada dijalan raya,hal ini bertujuan untuk mendukung terbentuknya lalu lintas sehat dan aman bagi pengguna jalan yang lainnya. Faktor pendidikan juga sangat berpengaruh dalam hal ini, karena untuk memahami tata tertib lalu lintas para remaja maupun orang dewasa harus memperoleh pembelajaran terlebih dahulu agar dapat mengetahu tata tertib lalu lintas dalam berkendara di jalan raya.

    Pendidikan dapat membentuk pola pikir masyarakat menjadi lebih baik dalam memahami semua aspek kehidupan yang disiplin dan jujur salah satunya dengan menaati peraturan berlalulintas, dalam dunia pendidikan banyak sekali terdapat pembelajaran bagi masyarakat khususnya di kalangan remaja. Remaja didorong untuk mengetahui dan memahami pola atau cara berlalulintas yang baik di jalan raya.

    Diharapkan semua pihak terutama pihak yang berwenang dapat bertindak tegas kepada para pelanggar lalu lintas dan memahami keluh kesah masyarakat atas aksi kebu-kebutan yang dilakukan oleh kalangan remaja. Seluruh lapisan masyarakat diberi kebebasan dalam berkendara akan tetapi untuk mewujudkan berkendara yang sehat dan aman harus menaati segala peraturan yang berlaku di jalan raya.

    ReplyDelete
  10. Nama:Jepri Perdana Aditya
    NIM:16310024
    Prodi:Pend.Matematika tingkat satu
    Opini:Penggunaan Air Yang Buruk
    Air merpukan kebutuhan manusia yang sangat vital, dan manusia sangat membutuhkannya karena tanpa air manusia tak bisa hidup, seperti yang telah kita tahu bahwa manusia membutuhkan minimal 8 gelas sehari dan bila kekurangan akan mengalami dehidrasi, dan bila selama 3 hari seorang manusia tidak minum, maka akan terjadi kerusakan organ ginjal, dan bisa menyebabkan kematian, itu adalah air yang bermanfaat bagi tubuh,sedangkan manfaat air bagi kehidupan sangat banyak sekali, untuk mandi,memasak,dan masih banyak lagi.
    Banyak dari masyarakat kita yang masih boros terhadap penggunaan air, banyak dari masyarakat yang enggan untuk menjaga air,banyak penebangan liar,sehingga kurangnya area serapan air, banyak masyarakat tidak mengindahkan betapa pentingnya air,bila di lihat dari segi kegunaan air sangatlah penting,apalagi bagi masyarakat Indonesia.Indonesia sendiri memiliki hutan hujan tropis terbesar nomor 2 di dunia dan merupakan daerah resapan air terbaik, tetapi banyak daerah di Negara kita yang kekurangan air bersih pada saat musim kemarau, ini di karenakan banyak masyarakat kita yg tidak cinta lingkungan,mereka menenbang pohon.
    Banyak dari masyarakat kita ketika menggunakan air tidak dengan sewajarnya banyak d hambur hambur kan, ketika musim kemarau sudah berakhir pun,masyarakat kita banyak yang tidak bjsa hemat air,sehingga ketika masuk musim kemarau lagi air sulit d dapat,dan banyak munculnya berbagai penyakit gatal karena tidak mandi,oleh sebab itu mulailah cinta terhadap air,karena air merupakan anugerah yang tidak ada harganya dari allah

    ReplyDelete
  11. Nama: efi kurniawati
    NIM:16310010
    Prodi:Pend.Matematika tingkat satu
    Opini:Pendidikan
    Pendidikan merupakan jembatan mencerdasarkan generasi bangsa, pendidikan memiliki peranan yang begitu penting dalam kemajuan negeri ini. Apabila masyarakat memiliki pendidikan yang lebih baik maka kita tidak akan dipandang sebelah mata oleh orang lain bahkan oleh negara lain. Pendidikan merupakan bekal utama dalam kehidupan. Dengan pendidikan kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk,mana yang boleh dikerjakan dan apa yang tidak boleh dikerjakan. Akan tetapi kondisi pendidikan saat ini bisa dikatakan sangat memperihatinkan, dimana moral dan sopan santun siswa masih sangat rendah, banyak dari para pelajar yang suka tawuran dengan sesama pelajar, tindak kekerasan,bahkan mereka tidak lagi memliki rasa malu berpegangan tangan dengan lawan jenisnya di tempat umum, hal ini didasari karena kurangnya moral serta akidah para pelajar.
    Banyak yang menjadi faktor kurangya moral pelajar saat ini, salah satu yang mempengaruhi krisis moral para pelajar saat ini adalah adalah peranan gadget dan kurangnya interaksi anak dengan orang tua. Dengan gadget para pelajar bebas membrowsing hal-hal yang dinginkan, rasa sosialisasi terhadap hal-hal disekitar menjadi berkurang diakibatkankan mereka terlalu sibuk dengan mengurus gadget bahkan sampai lupa dengan keadaan disekelilingnya. Dalam hal ini peranan orang tua dan guru sangat menentukan moral serta sopan santun para siswa, orang tua bisa melakukan-pendekatan-pendekatan terhadap anaknya bahkan orang tua bisa berperan sebagai sahabat anaknya tersebut, dengan demikian anak akan merasa diperhatikan dan gampang menyampaikan perasaan yang dialaminyaa saat itu. Guru adalah orang tua kedua bagi anak didiknya, guru harus bisa berperan ganda menjadi seorang guru dan menjadi orang tua bagi anak didiknya,guru tidak hanya memiliki tugas mencerdaskan kehidupan bangsa tetapi seorang guru harus mampu menciptakan siswa-siswi yang berkarakter,guru harus menanamkan moral serta akidah yang kuat terhadap anak didiknya.
    Seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi para siswa dalam mewujudkan perilaku siswa yang berkarakter, oleh sebab itu bukan hanya seorang siswa yang dituntut memiliki moral dan akidah yang baik seorang guru sekalipun harus memiliki moral serta akidah yang baik sehingga siswa dapat mengambil ibrah dan contoh dari seorang guru tersebut. Apapun yang dilakukan oleh seorang guru akan terekam dimemori siswa. Seperti pepatah yang mengatkan “guru kecing berdiri murid kencing berlari” didalam pepatah ini kita dapat mengambil kesimpulan apabila kita memberikan contoh yang tidak baik terhadap anak didik kita maka jangan heran jika suatu saat nanti siswa kita akan melakukan hal yang lebih parah dari kita. Maka dari itu seorang guru harus mampu memberikan contoh-contoh yang baik bagi peserta didiknya.
    Bukan hanya seorang murid yang mengalami krisis moral bahkan dizaman sekarangpun ada seorang guru yang memiliki krisis moral dan akidah. Seorang guru ini tega mencabuli sisiwinya, miris sangatlah tidak patut dicontoh guru seperti ini yang tidak memegang teguh etika sebagai pendidik bagi anak didiknya.bukannya mencerdaskan generasi penerus bangsa, ini malah merusak generasi dan masa depan anak didik. Guru seperti inilah yang dikatakan krisi moral dan akidah. Kira-kira apa yang mendasari seorang guru sehingga tega berbuat sekeji itu, tak lain dan tak bukan karena krisis moral serta akidah dari seorang guru tersebut serta kurangnya menghayati tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik yang mulia. Guru yang baik tidak sepaputnya melakukan hal-hal seperti demikian . Kita merupakan contoh bagi mereka,berilah contoh yang baik agar anak didik kita dapat mengambil contoh dari gerak-gerik,tutur kata serta tingkah laku kita. Murid yang berkarakter adalah hasil dari guru yang hebat

    ReplyDelete
  12. Nama :Hikmah Etika Sari
    NIM :16310015
    Prodi:Pendidikan Matematika/I
    Opini:PEMUDA DAN KEMERDEKAAN
    17 Agustus merupakan momen istimewa bagi bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal tersebut merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk mengisi momen kemerdekaan seluruh masyarakat Indonesia menggelar berbagai acara, dari tingkat anak-anak,remaja, hingga para lansia. Peringatan kemerdekaan menjadi wahana untuk men-charge semangat nasionalisme untuk mengingatkan kembali bahwa di pundak merekalah Indonesia ini akan ditentukan arahnya.
    Secara fisik Indonesia memang telah merdeka, namun jika ditinjau dari nilai hakikat kemerdekaan, maka tujuan kemerdekaan itu sendiri masih belum tercapai dan jauh dari harapan. Kini Indonesia telah merdeka, bahkan sudah hampir 72 tahun Indonesia telah terbebas dari penjajah, ini semua berkat perjuangan para pahlawan. Namun apakah semua masyarakat Indonesia sudah merasakan kemerdekaan?. Jawabannya bisa kita lihat pada kondisi beberapa daerah yang ada di Indonesia saat ini.
    Dari data tahun 2016 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, ada lebih dari 2500 daerah yang belum teraliri listrik. Dapat dikatakan bahwa pembangunan di Indonesia ini masih belum merata. Masih banyak daerah yang belum memiliki infrastruktur yang memadahi. Dengan keadaan yang seperti ini tentulah mereka belum merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.
    Pembangunan daerah tentu tidak hanya menjadi tanggung jawab dari Pemerintah. Akan tetapi tanggung jawab seluruh elemen bangsa Indonesia dan yang paling utama adalah pemuda. Pembangunan di daerah dipengaruhi oleh kualitas Sumber Daya Manusia yang ada. Jika para pemuda daerah memiliki kualitas yang bagus dan memadahi, maka pembangunan di daerah-daerah akan berkembang dengan pesat dan merata. Namun banyak generasi muda masa kini yang memiliki kualitas dan ketrampilan yang minim, sehingga banyak dari mereka yang menjadi pengangguran meskipun mereka berpendidikan tinggi.
    Oleh karena itu, untuk para pemuda sebagai penerus bangsa tingkatkanlah kualitas diri, selalu semangat untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, kokohkan semangat kalian seperti semangat para pahlawan yang rela berjuang mati-matian untuk memerdekakan Indonesia, karena di pundak kalianlah Indonesia ini akan ditentukan arahnya.

    ReplyDelete
  13. Nama. :Fera nur afifa
    NIM. : 16310014
    Prodi. :Pend.Matematika /1
    URL. : http://www.suarabojonegoro.com/2017/07/katanya-sekolah-gratis-kok-masih-ada.html#.WX0yievVs1o.twitter

    ReplyDelete
  14. Nama :susi eli safitri
    NIM :16310040
    Prodi:Pendidikan Matematika/I
    Opini:masyarakat samin
    Dusun Jepang, salah satu dusun dari 9 dusun di Desa Margomulyo yang berada di kawasan hutan memiliki luas 74,733 hektare. Jarak sekitar 4,5 kilometer dari ibu kota Kecamatan Margomulyo, 69 kilometer arah barat-selatan atau kurang lebih dengan jarak tempuh antara 2-2,5 jam perjalanan dengan kendaraan dari ibu kota Bojonegoro dan 259 kilometer dari ibu kota Provinsi Jawa Timur (Surabaya).
    Masyarakat Samin yang tinggal di dusun tersebut, adalah figur tokoh atau orang-orang tua yang gigih berjuang menentang Kolonial Belanda dengan gerakan yang dikenal dengan Gerakan Saminisme, yang dipimpin oleh Ki Samin Surosentiko.
    Dalam Komunitas Samin tidak ada istilah untuk membantu Pemerintah Belanda seperti menolak membayar pajak, tidak mau kerja sama, tidak mau menjual apalagi memberi hasil bumi kepada Pemerintah Belanda. Prinsip dalam memerangi Kolonial Belanda melalui penanaman ajaran Saminisme yang artinya sami-sami amin (bersama-sama) yang dicerminkan dan dilandasi oleh kekuatan, kejujuran, kebersamaan dan kesederhanaan.
    Sikap perjuangann mereka dapat dilihat dari profil orang samin yakni gaya hidup yang tidak bergelimpangan harta, tidak menjadi antek Belanda, bekerja keras, berdoa, berpuasa dan berderma kepada sesama. Ungkapan-ungkapan yang sering diajarkan, antara lain: sikap lahir yang berjalan bersama batin diungkapkan yang berbunyi sabar, nrimo, rilo dan trokal (kerja keras), tidak mau merugikan orang lain diungkapkan dalam sikap sepi ing pamrih rame ing gawe dan selalu hati-hati dalam berbicara diungkapkan ojo waton ngomong, ning ngomong kang maton.
    Lokasi masyarakat Samin (dusun Jepang) memiliki prospek untuk dikembangkan menjadi obyek Wisata Minat Khusus atau Wisata Budaya Masyarakat Samin melalui pengembangan paket Wisata Homestay bersama masyarakat Samin. Hal yang menarik dalam paket ini ialah para wisatawan dapat menikmati suasana dan gaya hidup kekhasan masyarakat Samin.

    ReplyDelete
  15. Nama :Asih
    NIM :16310004
    URL :http://www.harianblora.com/2017/07/festival-tongklek-termegah-abad-ini.html

    ReplyDelete
  16. Nama : Awwalun Maulidina
    Nim : 16310005
    Prodi : Pendidikan Matematika
    Opini :
    APA SIH ENAKNYA JADI KORUPTOR?

    Korupsi di Indonesia semakin parah, bukan hanya dipelosok daerah tapi didalam parlemen juga semakin liar dalam melakukan korupsi. Dan sebagian masyarakat menyatakan korupsi merupakan hal yang memalukan bagi negara. Mereka yang melakukan korupsi seenak-enaknya menghamburkan uang yang bukan milik mereka. Jika korupsi terus berlanjut maka masyarakat yang kurang mampu akan semakin tersiksa dan ekonomi rakyatpun semakin lama semakin memburuk karena uang yang bukan milik mereka dan seharusnya menjadi hak rakyat malah disalahgunakan untuk hal yang tidak penting. Bahkan disaat masayarakat sedang kesusahan mereka yang melakukan korupsi malah bersenang-senang dengan uang hasih korupsi dengan membeli mobil mewah, membieli rumah mewah , membeli barang-barang mewah, bahkan sampai pergi berlibur keluar negeri. Korupsi juga suatu penyakit yang menggerogoti masyarakat dan sulit untuk disembuhkan. Bahkan korupsi sudah menjadi budaya dalam kehidupan sehari-hari para koruptor, sehingga jika tidak korupsi mereka seperti tidak makan berhari- hari. Dimulai dari pangkat yang paling rendah dan pangkat yang paling tinggi mereka melakukan korupsi. Dan menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan kepada mereka untuk kepentingan pribadi mereka.
    Mengapa orang yang melakukan korupsi tidak berpikir ulang untuk tidak melakukan korupsi yang bukan hak mereka melainkan hak rakyat? Mereka yang melakukan korupsi harus dihukum dan uang yang mereka korupsi harus dikembalikan kepada negara. Tapi apa daya hukum di Indonesia lemah, malah orang yang korupsi menyuap pihak yang berwajib untuk meringankan hukuman seperti meminta vonisnya dikurangi, padahal kesalahan mereka yang melakukan korupsi tidak bisa ditoleransi lagi dan itu harus dihukum seberat-beratnya. Negeri ini harus dimerdekakan dari perilaku korupsi dan bangsa harus memerangi korupsi. Para koruptor bahagia karena memdapatkan uang yang banyak dan instan,sedangkan masyarakat yang tidak tau apa-apa telah menjadi korban mereka yang melakukan korupsi. Korupsi yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab malah bikin masyarakat Indonesia sengsara. Meski terdapat peraturan di Indonesia tentang dilarangnya korupsi, itu tidak cukup untuk memberantas praktek korupsi di Indonesia. Karena banyaknya koruptor di Indonesia, Indonesia tidak akan bisa maju sehingga yang maju hanya korupsi yang semakin merajalela.
    Sebagai warga negara yang taat hukum apa mereka sudah tau akibatnya kalau melakukan korupsi bisa memasukkan mereka kepenjara? Orang yang korupsi sudah tergiur dengan uang yang banyak dan tidak berpikir ulang atas tindakannya. Karena keinginan dan hasrat dari diri sendiri ,mereka melakukan korupsi. Umpamanya mereka bekerja sebagai pegawai negeri tapi mendapatkan gaji yang tidak sebanding dengan kebutuhan mereka yang semakin tinggi dan dorongan dari teman karena adanya kesempatan untuk melakukan korupsi. Orang yang korupsi rakus memakan uang rakyat yang bukan milik mereka dan mereka yang mengalami situasi yang terdesak tidak berpikir panjang dan mengambil jalan pintas yaitu dengan melakukan korupsi.
    Akibat orang yang tidak bertanggung jawab karena melakukan korupsi adalah masyarakat yang tidak tau apa-apa menjadi sengsara. Kasus korupsi yang melibatkan para pejabat negara yang diharapkan menjadi tauladan bagi masyarakat luas malah mereka yang terlibat tindak pidana korupsi. Bahkan mereka melakukan korupsi hanya untuk memenuhi gaya hidup yang tinggi. Sebagai warga negara kita harus peduli akan bangsa Indonesia, agar tidak ada korupsi yang merajalela di Indonesia dan kita harus memilih pejabat yang jujur agar tidak melakukan tindak pidana korupsi. Semoga korupsi khususnya di Indonesia cepat teratasi. Harus bersungguh- sungguh dalam membrantas korupsi ,harus efisien dan efektif. Korupsi itu bagaikan sumber kehancuran bagi masyarakat oleh karena itu marilah kita hancurkan korupsi di negara tercinta kita ini.

    ReplyDelete
  17. Nama : jaya dimas tri prabowo
    Nim : 16310023
    Prodi: pendidikan matematika
    Opini:
    Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

    Kebersihan dan Kesehatan memiliki kaitan atau saling berhubungan,dimana kebersihan merupakan awal dari kesehatan. Kebersihan lingkungan sekitar kita masih minim,banyak masyarakat hanya membaca aturan tanpa melaksanakannya,seperti membuang sampah,banyak sekali aturan aturan atau tulisan yang menghimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan,banyak yang mengagap tulisan itu hanya sebuah hiasan.Bila mana kebersihan lingkungan sudah tidak di jaga maka dampaknya adalah kepada kita sendiri, banyak munculnya berbagai macam penyakit,tercemarnya udara.
    Banyak dari masyarakat Indonesia yang hanya mengetahui apa itu kebersihan, tapi belum bisa menerapkannya, jadi banyak munculnya berbagai macam penyakit yang menyerang masyrakat.Kesehatan adalah sebuah anugrah yang indah dari sang pencipta, sedangkan kebersihan merupakan awal dari kesehatan, bila ingin sehat maka jagalah kebersihan lingkungan, karena sehat dan indahnya negeri ini berawal dari kita untuk menjaganya.

    ReplyDelete
  18. Nama : jaya dimas tri prabowo
    Nim : 16310023
    Prodi: pendidikan matematika
    Link : https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=9193540178881338144#editor/target=post;postID=2687467774957735288;onPublishedMenu=publishedposts;onClosedMenu=publishedposts;postNum=0;src=postname

    Opini: Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
    Kebersihan dan Kesehatan memiliki kaitan atau saling berhubungan,dimana kebersihan merupakan awal dari kesehatan. Kebersihan lingkungan sekitar kita masih minim,banyak masyarakat hanya membaca aturan tanpa melaksanakannya,seperti membuang sampah,banyak sekali aturan aturan atau tulisan yang menghimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan,banyak yang mengagap tulisan itu hanya sebuah hiasan.Bila mana kebersihan lingkungan sudah tidak di jaga maka dampaknya adalah kepada kita sendiri, banyak munculnya berbagai macam penyakit,tercemarnya udara.
    Banyak dari masyarakat Indonesia yang hanya mengetahui apa itu kebersihan, tapi belum bisa menerapkannya, jadi banyak munculnya berbagai macam penyakit yang menyerang masyrakat.Kesehatan adalah sebuah anugrah yang indah dari sang pencipta, sedangkan kebersihan merupakan awal dari kesehatan, bila ingin sehat maka jagalah kebersihan lingkungan, karena sehat dan indahnya negeri ini berawal dari kita untuk menjaganya.

    ReplyDelete
  19. Nama:yogi ahmad ardiansyah
    NIM:16310048
    Prodi:pend matematika
    PENDIDIKAN DI INDONESIA
    Di Indonesia, sangat banyak sekolah yang tidak layak untuk dipakai sebagai tempat belajar atau untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Karena tidak adanya bantuan dari pemerintah setempat. Pemerintahan di Indonesia juga kurang memperhatikan sekolah-sekolah dipelosok-pelosok negri yang kita cintai ini. Keadaan sekolah ini sangat memprihatinkan.Banyak anggaran yang disalah gunakan oleh pihak yang berwenang hanya untuk kepentingan pribadi, anggaran pendidikan / uang bantuan sekola di “KORUPSI”, cukup miris pemerintah seolah tutup mata dengan kejadian-kejadian seperti ini. Semua pihak atau kalangan bawah merasa dirugikan karena adanya korupsi. Korupsi sangat mencoreng moral aspek pendidikan. Hal itu terjadi karena kurangnya pendidikan akhlakAndai saja pemerintahan kita jauh lebih tegas pastilah tidak akan ada yang merasa dirugikan. Kurangnya aspek pendidikan keagamaan, akhlak dan berkehidupan bermasyarakat. Kembali ke masyarakat kalangan bawah, banyak anak-anak di Indonesia yang tidak bersekolah karna tidak memiliki biaya. Mereka menghabiskan hari-hari mereka untuk mencari uang, yang seharusnya dilakukan orangtua mereka. eharusnya kita malah harus semakin maju, berkembang pesat dan berpikir lebih cerdas dalam segala hal khususnya Pendidikan, karena apapun yang kita butuhkan, tersedia pada jaman serba modern ini. Namun, kurangnya minat kita, lebih banyak orang yang terlena dari pada memanfaatkan dan mengembangkannya. Dari pendidikan-lah kita belajar memanfaatkan. Jadi diharapkan pendidikan di Indonesia lebih diketatkan dan mengikuti perkembangan dunia sehingga kita tidak ketinggalan dari Negara lainnya. Pesan saya untuk pemerintah dan dinas pendidikan terkait, “AYO!!!” kita perbaiki sistem pendidikan yang seharusnya kita perbaiki. Mulailah membuka mata hati kita untuk menegakan keadilan yang seadil-adilnya bagi masyarakat baik kalangan atas, menengah, maupun bawah. Kita sama-sama memberantas korupsi, kecurangan dalam bekerja (lelang jabatan), pembelian nilai atau ijasah, yang akan hanya memperburuk sistem yang ada di Indonesia. “mari kita majukan pendidikan di indonesia dengan aspek dan moral yang baik untuk indonesia yang baik”

    ReplyDelete
  20. Nama : alif alfi rohmatin
    Nim : 16310002
    Prodi : pendidikan matematika
    Opini :OPINI
    KEBERANIAN DALAM DIRI
    Keberanian menurut saya adalah suatu sikap untuk berbuat sesuatu dengan hal yang tidak membahayakan. Hanya diri kita yang mampu mengukur keberanian yang ada dalam diri kta sendiri. Hidup ini begitu penuh pilihan, maka beranilah memilih. Apapun pilihan yang kita ambil selama berpijak dari pemahaman tentang hidup yang utuh tak akan menjadi pilihan yang salah. Maka, keberanian adalah sebuah iman. Ketika kita mendengar, melihat dan berbicara dengan hati kita, maka apapun tindakan, pikiran dan ekspresi yang kita lakukan bukan keberanian lagi namanya. Ia sudah menjadi iman yang hidup. Keberanianlah yang membuat anda mampu dan bertahan. Jika anda tidak memiliki keberanian, maka anda akan takut menghadapi tantangan perubahan zaman.
    Setiap perubahan itu mengandung konsekuensi. Sebab, di balik setiap perubahan, ada tanggung jawab yang kita emban. Tanggung jawab untuk memperbaiki keadaan yang kurang sesuai dengan yang kita diharapkan. Tanggung jawab untuk mengubah kondisi yang kurang baik menjadi lebih seperti yang diinginkan.
    Keberanian untuk menghadapi keadaan apa pun dalam hidup adalah sebuah modal utama dalam meraih sukses sehingga bisa menghadapi perubahan kehidupan dengan sebaik-baiknya. Sekarang dan masa yang akan datang dibutuhkan orang-orang muda yang berani, inovatif, energik, dan siap menghadapi tantangan hidup. Tugas kita adalah menghadapi perubahan itu dengan keberanian. Berani menghadapi tantangan, berani menghadapi kegagalan, dan berani menghadapi semua masalah yang akan menghadang.
    Keberanian bukan berarti tidak ada ketakutan. Tetapi adanya kemauan untuk bertindak bahkan ketika kita merasa takut akan apa yang mungkin terjadi bila kita melakukannya. Akan ada resiko terhadap suatu tindakan yang diambil. Tetapi resiko itu menjadi suatu kesempatan untuk menjadikan hidup ini lebih baik. Resiko memberi suatu warna dalam perjalanan hidup manusia. Tekad menjadi suatu unsur yang sangat berguna dalam merintis suatu usaha. Dengan tekad itu, orang menemukan tujuan dari usaha-usahanya. Orang juga menemukan semangat dalam menjalani hidup ini. Ada gairah untuk berusaha dan berjuang bagi kesejahteraan bersama
    Pentingnya sebuah keberanian dalam hidup kita adalah bagaimana cara kita mengolah rasa takut akan sesuatu hal agar kita mencapai suatu keinginan. Keberanian lah yang memimpin orang-orang untuk jadi pemimpin, Keberanian melahirkan pengikut, Keberanian akan memandu manusia-manusia lain untuk dipimpin.
    Mungkin lingkungan atau teman-teman memandang Anda secara negatif, tapi satu hal yang tidak boleh hilang pada diri Anda adalah keyakinan pada diri sendiri. Kalau Anda tetap fokus pada keyakinan Anda bahwa Anda bisa meraih sesuatu yang hebat, apapun hambatannya tidak akan bisa menghalangi Anda.

    ReplyDelete
  21. Nama : Widya Puspita Arifana
    NIM. : 16310044
    Prodi: Pend. Matematika/1
    Opini tentang remaja dan narkoba

    Zaman sekarang banyak sekali ancaman yang dapat merusak generasi bangsa Indonesia. Salah satunya obat obatan terlarang seperti narkoba, ekstasi, shabu-shabu, ganja dan sebangsanya merupakan ancaman nyata bagi generasi muda Indonesia. Bahkan akibat dari konsumsi narkoba telah terbukti merusak mental dan psikologis generasi bangsa, menjadi generasi yang tanpa masa depan. Kasus-kasus narkoba tersebut menyasar berbagai kalangan dimasyarakat dari orang tua, remaja hingga anak-anak, dari masyarakat awam hingga para oknum pejabat negara bahkan oknum penegak hukum.
    Remaja dan golongan muda, identik dengan sesuatu yang baru, sesuatu yang menurutnya menarik dan itu patut untuk dicoba. Salah satunya yang pantas dicoba menurut mereka(pecandu) adalah narkoba. Padahal narkoba, ekstasi, dan sejenisnya itu tidak untuk coba coba. Karena bila seseorang sekali mencobanya, orang tersebut akan menjadi kecanduan, karena pada narkoba mengandung zataddictive yang dapat membuat orang awalnya kecanduan dan lama kelamaan ingin menambah dosis secara terus menerus sehingga bisa OD(Over Dosis) dan menyebabkan kematian.
    Bahaya narkoba bagi pelajar dan remaja begitu sangat memprihatinkan. Walaupun sudah banyak gembong dan pengedar narkotika yang ditangkap dan di penjara, tetapi peredaran narkoba sepertinya susah untuk dicegah dan ditanggulangi. Cara menghindari penyalahgunaan narkotika di masa sekarang ini perlu diketahui pula oleh kita dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang begitu marak. Membutuhkan kerjasama yang serius dan baik dari pemerintah serta aparat dan kita sebagai masyarakat yang dalam rangka penanggulangan dan pencegahan bahaya narkoba ini. Remaja sendiri bisa menghindari narkoba dengan cara ; selektif dalam pergaulan, hindari keluyuran malam, jangan melawan nasehat orangtua, miliki hobby dan aktivitas positif, bentengi diri dengan Agama, berbakti pada orangtua, nikmati kebersamaan dalam keluarga, fokus pada hal-hal positif.

    ReplyDelete
  22. Nama:Ilham Riawan
    NIM:16310019
    PRODI:PEND.MATEMATIKA
    OPINI:Kurangnya Ketaatan dan Kedisiplinan dalam Berkendara d Jalan Raya
    Angka kecelakaan di Indonesia meruapakan yang tertinggi,dan meruapakan terburuk nomor dua di dunia, bila d rata rata kan dalam satu minggu terjadi lebih dari 17 kecelakaan d jalan raya,dan lebih dari 5 nyawa melayang akibat kecelakaan d jalan Raya.Hal ini disebabkan karena banyak dari masyarakat kita yang tidak taat aturan ketika di jalan raya.
    Hal ini juga di sebabkan rendahnya pengetahuan masyarakat kita tentang rambu rambu,dan angka kecelakaan di Indonesia tertinggi di dominasi oleh anak di bawah umur,hal ini disebabkan karena banyak orang tua yang memberikan kendaraan kepada anaknya,sedangkan belum saatnya.
    Banyak pula masyarakat kita yang tidak tahu tentang aturan berkendara di jalan raya,hanya sekedar bisa intinya.dan banyak dari masyarakat kita yang tidak memiliki surat izin mengemudi,tetapi berkendara dengan sesuka hati,sehingga terjadi kecelakaan,sudah sebaiknya kita sebagai masyarakat yang baik harus taat aturan,agar tidak terjadi lagi kecelakaan yang merenggut nyawa.

    ReplyDelete
  23. Nama : ella rahmawati
    NIM : 16310011
    PRODI : Pend. Matematika
    Opini : Opini Tentang Pembullyan di Lingkungan Remaja

    Seperti yang diketahui, pembullyan sering terjadi pada siswa yang kurang mampu atau siswa pendiam yang sulit bersosialisasi dengan siswa lainnya. Ada juga siswa yang sering mendapatkan perlakuan pembullyan adalah mereka yang memiliki kekurangan daripada siswa yang lainnya. Sekarang ini, tindak kasus Bulliying sering terjadi dikalangan pelajar, seperti adanya kekerasan, pemalakan, melabrak dan sebagainya. Hal tersebut semakin menunjukkan betapa mirisnya dunia pendidikan sekarang ini. Bullying adalah suatu tindakan menyakiti orang lain secara berlebihan terhadap orang yang lebih lemah darinya dengan tindak kekerasan. Terdapat 4 bentuk bullying, yaitu secara fisik, secara verbal, secara relasional (pikologis), dan secara elektronik.
    Dalam bentuk fisik, seperti memukul, menampar, mencekik, menyikut, menendang, menggigit, memiting, mencakar, serta meludahi siswa yang ditindas sampai ke hal yang menyakitkan semacam merusak pakaian atau menghancurkan barang-barang dari siswa yang ditindas. Dalam bentuk verbal, seperti memberikan julukan nama, celaan, fitnah, kritik tajam, penghinaan, mengejek nama orang tua, mencemooh, menyindir kelemahan mental. Dalam bentuk relasional (psikologis), seperti pengabaian, pengucilan, pengecualian atau penghindaran, menyebarkan fitnah, gosip, mempermalukan target siswa tertindas, mengasingkan atau mennolak keberadaan secara sengaja ditujukan dengan sikap tersembunyi, seperti helaan, lirikan mata, cibiran, tawa mengejek, dan bahasa tubuh yang kasar. Dalam bentuk elektronik pelaku menggunakan sarana elektronik dan fasilitas internet, seperti komputer, handphone, kamera, dan website atau situs pertemanan jejaring sosial untuk meneror korban bullying dengan tulisan, animasi gambar, atau video yang sifatnya mengintimidasi.
    Bullying memiliki dampak yang besar bagi korban dan juga pelaku baik secara fisik maupun psikologis. Secara psikologis, korban akan merasakan depresi, stress, kehilangan kepercayaan diri, memiliki perasaan benci terhadap diri sendiri, takut berkeliaran diluar dan selalu mengurung diri. Keadaan tersebut akan membuat korban merusak kesehatan diri mereka sendiri karena terlalu merasa tertekan dengan tindakan bullying yang diterimanya. Dan dampak dari para pelaku pembullying pada saat masa sekolah kebanyakan mereka akan melakukan tindakan kriminal saat dewasa nanti. Mereka juga akan kesulitan dalam hubungan pertemanan dalam bersekolah dan mereka juga akan kesulitan beradaptasi dengan teman-ten=man kerjanya karena terbiasa mengontrol orang lain dalam kendalinya.
    Hal yang harus dilakukan seorang guru dalam mencegah bullying disekolah adalah dengan bertindak tegas. Karena jika guru terlalu santai dalam menanggapi bullying, pelaku akan semakin leluasa atau merasa dibiarkan dalam bertindak seperti itu. Kemudian, sering diadakannya seminar tentang anti-bullying. Seminar tersebut akan membuat orang tua dan juga siswa membuka mata tentang tindak bullying dan murid bisa sharing tentang pengalamannya di sekolah dengan guru. Sedangkan untuk orang tua, perlu menambahkan perhatian terhadap anak, seperti menanyakan kondisi dan kegiatan anak disekolah. Menjaga ke harmonisan dalam hubungan keluarga, itu akan membuat anak merasa nyaman. Apabila keluarga dalam keadaan tidak harmonis, anak tersebut akan merasa tertekan dan terjerumus ke hal-hal yang negatif. Hal itu akan membuat anak mendapat perubahan, seperti nilai akademis menurun dan susah berkonsentrasi, serta sulit dalam bersosialisasi. Anak juga memerlukan pendidikan karakter untuk membentuk karakter-karakter penerus bangsa yang cerdas dan bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  24. Nama: Khana Nurlaili W
    NIM: 16310025
    Prodi: Pend. Matematika
    Opini: Narkoba racun bagi generasi bangsa
    Narkoba merupakan salah satu persoalan rumit dan serius bagi manusia. Narkoba telah menggerogoti sendi kehidupan dunia. Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat berbahaya. Selain itu, kementerian kesehatan republik Indonesia memperkenalkan istilah lain yaitu napza yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika dan zat adiktif. Hingga kini penyebaran penyalahgunaan narkoba sudah hampir tidak bisa dicegah. Hampir seluruh penduduk di dunia bisa mendapatkan narkoba dengan mudah dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Bahkan saat ini narkoba sudah mulai menjerumuskan anak-anak usia SD sampai SMP.
    Besarnya prevalensi penyalahgunaan narkoba di dunia sejak tahun 2006 hingga 2013 mengalami peningkatan (UNODC,2015). diperkirakan ada sekitar 167 sampai 315 juta orang penyalahguna yang berusia 15-64 tahun yang menggunakan narkoba minimal sekali dalam setahun di tahun 2013 (UNODC,2015).
    Di Indonesia, angka prevalensi penyalahgunaan narkoba cenderung semakin menurun dalam 10 tahun terakhir, baik untuk pernah pakai dan setahun pakai. Angka prevalensi pernah pakai menurun dari 8,1% (2006) menjadi 3,8% (2016) sedangkan angka prevalensi setahun terakhir juga cenderung turun dari 5,2% (2006) menjadi 1,9% (2016).
    Laki-laki berisiko pakai narkoba dibandingkan perempuan. Rasio laki-laki dengan perempuan yang pernah pakai narkoba sekitar 4 berbanding 1, pola ini relatif tidak berubah dalam 1 dekade terakhir. Fakta ini terlihat dari angka prevalensi pernah pakai dan setahun pakai yaitu 13,7% (2006) pada laki-laki dan 3,3% (2006) pada perempuan menjadi 6,4% (2016) pada laki-laki dan 1,6% (2016) pada perempuan. Ada kecenderungan semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin tinggi angka prevalensi penyalahgunaan narkoba, kecuali pada tahun 2016. Mereka yang pernah pakai narkoba relatif sama besar 4,3% antara SMA dan perguruan tinggi, tetapi pada kelompok pakai setahun terakhir yang di SMA 2,4% lebih tinggi dibanding perguruan tinggi 1,8% di tahun 2016. Angka tingkat ketergantungan narkoba merujuk pada penggunaan narkoba dalam setahun terakhir. Pada kelompok mahasiswa/pelajar proporsi adalah penyalahgunaan coba pakai dengan kisaran antara 54% sampai 85% dalam dekade terakhir. Di tahun 2016, proporsi kelompok coba pakai 85%, sedangkan yang terendah 54% di tahun 2006.
    Pasar narkoba yang ada di Indonesia, ada lima kelompok utama pengguna narkoba di Indonesia yaitu kampung narkoba (kampung Ambon di Jakarta, kampung Aceh di Batam, dll), yang kedua yaitu lembaga pemasyarakatan (LP) dan rumah tahanan (rutan), yang ketiga yaitu tempat hiburan malam, yang keempat kalangan artis dan kelas menengah ke atas, dan yang terakhir adalah pekerja kasar (pertambangan, perkebunan sawit, dll).
    Upaya penegakan hukum telah dilakukan oleh BNN dan polri, sampai Juli 2017 ini BNN dan polri telah menembak mati sekitar 30 orang. Upaya pemberantasan harus dilakukan oleh BNN dan polri. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membuat area penjualan narkoba dijadikan tempat terbuka dengan membangun fasilitas umum di daerah tersebut. BNN dan polri juga harus serius dalam melakukan sterilisasi tempat hiburan malam dari narkoba. Sterilisasi juga dapat dilakukan di LP dan rutan. Situasi yang ada di dalam pasar narkoba harus dibuat tidak aman dan tidak nyaman sehingga pengedar narkoba merasa ragu dan takut untuk melakukan transaksi. Narkoba merusak sendi-sendi kehidupan negara maka dari itu marilah kita hancurkan narkoba dan bebaskan Indonesia dari ancaman narkoba.

    ReplyDelete
  25. Nama. :wafirotul amiroh
    Nim. :16310043
    Opini. :
    TUGAS SEBAGAI BEKAL MAHASISWA

    Terkadang seorang mahasiswa akan merasa putus asa ketika mendapati tugas dari seorang Dosen, dengan alasan kebanyakan tugas lah, tugasnya terlalu ribet lah dan lain sebagainya. Mereka maha siswa tak berpikir bagaimana kedepannya saat selesai kuliah mereka dan mereka terjun ke masyarakat, mereka baru akan menyadari bahwa tugas-tugas yang pernah ia uat dulu sekarang ada manfaatnya. Sebab kita ngak akan tau juga bahwa bekal pada saat ini menjadi Mahasiswa itu semua akan berguna kelak.
    Mahasiswa dapat diartikan pelajar yang “Super”, “Super” berarti bahwa Mahasiswa merupakan pelajar yang berpredikat luar biasa karena telah menempuh jenjang terakhirnya dalam level pendidikan secara formal. Pemahaman ini jelas berbeda dengan pemaknaan siswa saja yang biasa di artikan pelajar. Oleh karena itu seorang mahasiswa lebih banyak menghasilkan suatu metode baru dalam pembelajaran siswa. Penyisipan arti “Super” atau “Luar biasa” dalam memaknai Mahasiswa tidaklah terjadi secra kebetulan, pernyataan ini bisa diperkuat dengan idealism Mahasiswa dengan adagunanya yang terkenal.
    Mahasiswa tanpa organisasi tak ubahnya seorang pelajar tanpa pengalaman lapangan, mereka tak lain siswa lanjutan yang hanya belajar materi akademik. Mereka hanya mementingkan bagaimana jadi orang pintar tanpa merenungkan bagaimana menstransformasikannya dalam kalangan hidup masyarakat.
    Nah, salah satu bekal tugas untuk Mahasiswa terutama di bidang matematika ialah bagaimana cara agar meningkatkan minat siswa belajar matematika, pelajaran matematika yang dirasa sulit, ruwet dan membosankan akan menjadi pelajaran yang semakin tidak diharapkan oleh siswa. Apabila image ini tetap melekat di hati siswa maka selamanya Matematika akan menjadi pelajaran yang tidak ada maknanya bagi siswa dan mereka tidak akan pernah minat untuk bertemu dengan pelajaran matematika. Hal ini akan membuat siswa semakin sulit untuk mencapai hasil kompetensi ketuntasan minimal yang telah di tetapkan.

    ReplyDelete
  26. Nama : Susilowati
    Nim : 16310041
    Prodi : Pendidikan Matematika
    URL : http://www.suarabojonegoro.com/2017/07/tari-tradisional-masih-eksis.html?m=1

    ReplyDelete
  27. Nama :Devi Putri Pratiwi
    Nim :16310007
    Prodi : Pendidikan Matematika
    Opini : Stop Radikalisme, lindungi generasi bangsa.

    Menurut bahasa radikalisme adalah paham atau aliran yang radikal dalam politik, paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis, sikap ekstrim dalam suatu aliran politik.
    Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata radikalisasi bermakna setiap perbuatan yang bertujuan untuk meradikalkan. Paham atau ajaran yang memiliki agenda radikalisasi sering disebut radikalisme. Seiring waktu, definisi radikalisme berkembang menjadi suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan Radikalisme. Dengan berkembangnya teknologi ajaran radikalisme semakin mudah kita temui apalagi sekarang ini mereka menggunakan internet. Internet merupakan gerbang pertama pengetahuan umat dan anak muda masa kini. Karena informasi yang disajikan sangat luas, internet menjadi media yang sangat efektif untuk menyebarkan gagasan, mempengaruhi orang lain, dan berkomunikasi. Penyebaran paham radikal melalui dunia maya menjadi ancaman serius bagi pertahanan dan keamanan dunia, termasuk Indonesia. Beberapa alasan kenapa mereka ( paham radikalisme ) memilih internet sebagai sarana untuk menyebarkan pemikiran dan pesan mereka bukan menggunakan media-media konvensional seperti televisi, radio atau koran ?
    Pertama, internet memungkinkan kemudahan akses dan publikasinya tanpa memerlukan izin dari pemerintah serta tidak ada pungutan biaya.
    Kedua, sebagian besar pelaku paham radikal adalah masyarakat yang selalu aktif di dunia maya, di mana hal ini memudahkan penyebaran pesan dengan sangat cepat.
    Ketiga, lemahnya kontrol pemerintah terhadap dunia maya.Kelompok-kelompok radikal menggunakan beragam situs seperti Blogger, YouTube, Twitter dan Facebook untuk tujuan-tujuan seperti penyebaran pemikiran, dorongan, perekrutan dan berbagi informasi. Kemudahan mengakses internet menjadikan masyarakat aktif pengguna internet tentu akan selalu bertanya, belajar keagamaan, dan lain sebagainya melalui media tersebut.
    Ironisnya, anak muda, sebagai penikmat internet langsung menjadikan hujjah/dalil sebagai legitimasi untuk tindakan radikal seperti yang baru-baru ini terjadi. Hal ini menandakan bahwa generasi penerus bangsa terancam terkontaminasi oleh paham-paham radikal yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sempat mengingatkan, bahwa generasi muda sudah sejak lama menjadi sasaran kelompok radikal. Propaganda paham radikal seringkali menjadikan anak muda sebagai korban. Anak muda yang masih dalam proses pencarian jati diri, seringkali dimanfaatkan kelompok radikal untuk mendoktrin paham radikalisme. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya anak muda, yang mulai terpapar radikalisme. Bahkan tidak sedikit kalangan muda yang menjadi pelaku terorisme. Berdasarkan survey, usia generasi muda yang menjadi korban radikalisme dan terorisme berkisar antara 16-30 tahun.
    Lalu, bagaimana dengan kita? Apakah kita hanya diam lalu berharap ada langkah nyata dari para pihak? Jawabnya tidak. Mari kita aktif melakukan pencegahan minimal di lingkungan keluarga kita. Dengan memberikan pemahaman dan fondasi yang benar kepada anak-anak, secara tidak langsung kita sudah berkontribusi mencegah penyebaran radikalisme. Menyebarkan pesan damai kepada generasi muda, juga menjadi salah satu upaya. Tidak hanya melalui lisan, melalui tulisan dan perilaku, juga bisa kita lakukan agar generasi kedepan bisa menjadi generasi yang toleran. Karena kita calon penerus bangsa yang akan membela dan menjaga NKRI kalau bukan kita para penerus bangsa siapa lagi.
    Devi Putri Pratiwi, mahasiswi IKIP PGRI BOJONEGORO

    ReplyDelete
  28. Nama :Devi Putri Pratiwi
    Nim :16310007
    Prodi : Pendidikan Matematika
    Opini : Stop Radikalisme, lindungi generasi bangsa.

    Menurut bahasa radikalisme adalah paham atau aliran yang radikal dalam politik, paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis, sikap ekstrim dalam suatu aliran politik.
    Sedangkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata radikalisasi bermakna setiap perbuatan yang bertujuan untuk meradikalkan. Paham atau ajaran yang memiliki agenda radikalisasi sering disebut radikalisme. Seiring waktu, definisi radikalisme berkembang menjadi suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan Radikalisme. Dengan berkembangnya teknologi ajaran radikalisme semakin mudah kita temui apalagi sekarang ini mereka menggunakan internet. Internet merupakan gerbang pertama pengetahuan umat dan anak muda masa kini. Karena informasi yang disajikan sangat luas, internet menjadi media yang sangat efektif untuk menyebarkan gagasan, mempengaruhi orang lain, dan berkomunikasi. Penyebaran paham radikal melalui dunia maya menjadi ancaman serius bagi pertahanan dan keamanan dunia, termasuk Indonesia. Beberapa alasan kenapa mereka ( paham radikalisme ) memilih internet sebagai sarana untuk menyebarkan pemikiran dan pesan mereka bukan menggunakan media-media konvensional seperti televisi, radio atau koran ?
    Pertama, internet memungkinkan kemudahan akses dan publikasinya tanpa memerlukan izin dari pemerintah serta tidak ada pungutan biaya.
    Kedua, sebagian besar pelaku paham radikal adalah masyarakat yang selalu aktif di dunia maya, di mana hal ini memudahkan penyebaran pesan dengan sangat cepat.
    Ketiga, lemahnya kontrol pemerintah terhadap dunia maya.Kelompok-kelompok radikal menggunakan beragam situs seperti Blogger, YouTube, Twitter dan Facebook untuk tujuan-tujuan seperti penyebaran pemikiran, dorongan, perekrutan dan berbagi informasi. Kemudahan mengakses internet menjadikan masyarakat aktif pengguna internet tentu akan selalu bertanya, belajar keagamaan, dan lain sebagainya melalui media tersebut.
    Ironisnya, anak muda, sebagai penikmat internet langsung menjadikan hujjah/dalil sebagai legitimasi untuk tindakan radikal seperti yang baru-baru ini terjadi. Hal ini menandakan bahwa generasi penerus bangsa terancam terkontaminasi oleh paham-paham radikal yang dapat menimbulkan perpecahan bangsa Indonesia. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sempat mengingatkan, bahwa generasi muda sudah sejak lama menjadi sasaran kelompok radikal. Propaganda paham radikal seringkali menjadikan anak muda sebagai korban. Anak muda yang masih dalam proses pencarian jati diri, seringkali dimanfaatkan kelompok radikal untuk mendoktrin paham radikalisme. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya anak muda, yang mulai terpapar radikalisme. Bahkan tidak sedikit kalangan muda yang menjadi pelaku terorisme. Berdasarkan survey, usia generasi muda yang menjadi korban radikalisme dan terorisme berkisar antara 16-30 tahun.
    Lalu, bagaimana dengan kita? Apakah kita hanya diam lalu berharap ada langkah nyata dari para pihak? Jawabnya tidak. Mari kita aktif melakukan pencegahan minimal di lingkungan keluarga kita. Dengan memberikan pemahaman dan fondasi yang benar kepada anak-anak, secara tidak langsung kita sudah berkontribusi mencegah penyebaran radikalisme. Menyebarkan pesan damai kepada generasi muda, juga menjadi salah satu upaya. Tidak hanya melalui lisan, melalui tulisan dan perilaku, juga bisa kita lakukan agar generasi kedepan bisa menjadi generasi yang toleran. Karena kita calon penerus bangsa yang akan membela dan menjaga NKRI kalau bukan kita para penerus bangsa siapa lagi.
    Devi Putri Pratiwi, mahasiswi IKIP PGRI BOJONEGORO

    ReplyDelete
  29. Nama: Wulan Oktavia Sari
    NIM: 16310047
    Prodi: Pend. Matematika
    URL: http://www.academicindonesia.com/full-day-school-fds-setuju-atau-tidak/

    ReplyDelete
  30. Nama : Ervan Setiawan
    Nim : 16310012
    Prodi: Pendidikan matematika
    Opini: Politik dalam sekolah

    Opini tentang Maraknya politik di sekolah

    Pada era globbalisasi saat ini sangat banyak hal-hal yang sangat memprihatinkan masyarakat-masyarakat dan warga negara diseluruh negara. Terutama, dibidang ekonomi, sunggub sangat meprihantinkan sekali di negara Nusa tenggara Barat tepatnya dikota pulo jaya.
    Disini kita berbicara tentang ekonomi, Sebenarnya apa sih ekonomi itu?
    Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya. Ini didasarkan dari asal kata ekonomi yang berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos. Oikos adalah rumah tangga dan nomos berarti ilmu. Dari gabungan kata tersebut, terbentuklah pengertian ekonomi. Dimana dalam pengertian tersebut, menunjukkan sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia. Khususnya pada usaha untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.
    Pada saat ini sering timbul berbagai macam kontraversi dan berbagai macam kecurangan dalam bidang ekonomi, salah satunya adalah politik ekonomi studies school.Nah, sekarang kita akan membahas tentang politik disekolah (politik ekonomi studdies school), yang dimaksud politik disekolah itu adalah lembaga atau kumpulan anggota didunia pendidikan yg mencari peserta didik baru dengan cara memberikan uang tunai kepada calon peserta didik agar lembaga tersebut mendapatkan banyak murid. Setelah lembaga mendapatkan banyak murid, lembaga memberikan bimbingan kepada calon peserta didiknya dengan sebaik mungkin. Akan tetapi disamping itu,lembaga tersebut juga memperkejakan peserta didiknya disaat jam pelajaran telqh usai. Peserta didik pun tidak merasa keberatan dengan hal itu. Sebagian ada yang melakukan aktivitas bekerjanya dengan sungguh-sungguh dan ada juga yang ingin pulang karena mereka tidak terbiasa dengan hal itu.
    Kata ridwan “salah satu dari peserta didik di lembaga itu” sebenarnya sih ada enak dan gak enaknya sekolah ditempat ini. Enaknya dapat uang, dan uangnya bisa saya pergunakan untuk membeli obat ibu saya yang sedang sakit dirumah. Dan gak enaknya itu kita disuruh kerja dengan terus-terusan tanpa istrahat (jika belum memenuhi target/omset yang ditentukan) tapi kalau sudah memenuhi target kita baru bisa istirahat dan berhenti bekerja.


    ReplyDelete
  31. Nama : Ervan Setiawan
    Nim : 16310012
    Prodi: Pendidikan matematika
    Opini: Politik dalam sekolah

    Opini tentang Maraknya politik di sekolah

    Pada era globbalisasi saat ini sangat banyak hal-hal yang sangat memprihatinkan masyarakat-masyarakat dan warga negara diseluruh negara. Terutama, dibidang ekonomi, sunggub sangat meprihantinkan sekali di negara Nusa tenggara Barat tepatnya dikota pulo jaya.
    Disini kita berbicara tentang ekonomi, Sebenarnya apa sih ekonomi itu?
    Ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana manusia mencukupi kebutuhan hidupnya. Ini didasarkan dari asal kata ekonomi yang berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos dan nomos. Oikos adalah rumah tangga dan nomos berarti ilmu. Dari gabungan kata tersebut, terbentuklah pengertian ekonomi. Dimana dalam pengertian tersebut, menunjukkan sebuah kondisi yang merujuk pada pengertian tentang aktivitas manusia. Khususnya pada usaha untuk bisa mengolah sumber daya yang ada di lingkungan sekitarnya, sebagai alat pemenuh kebutuhan hidup.
    Pada saat ini sering timbul berbagai macam kontraversi dan berbagai macam kecurangan dalam bidang ekonomi, salah satunya adalah politik ekonomi studies school.Nah, sekarang kita akan membahas tentang politik disekolah (politik ekonomi studdies school), yang dimaksud politik disekolah itu adalah lembaga atau kumpulan anggota didunia pendidikan yg mencari peserta didik baru dengan cara memberikan uang tunai kepada calon peserta didik agar lembaga tersebut mendapatkan banyak murid. Setelah lembaga mendapatkan banyak murid, lembaga memberikan bimbingan kepada calon peserta didiknya dengan sebaik mungkin. Akan tetapi disamping itu,lembaga tersebut juga memperkejakan peserta didiknya disaat jam pelajaran telqh usai. Peserta didik pun tidak merasa keberatan dengan hal itu. Sebagian ada yang melakukan aktivitas bekerjanya dengan sungguh-sungguh dan ada juga yang ingin pulang karena mereka tidak terbiasa dengan hal itu.
    Kata ridwan “salah satu dari peserta didik di lembaga itu” sebenarnya sih ada enak dan gak enaknya sekolah ditempat ini. Enaknya dapat uang, dan uangnya bisa saya pergunakan untuk membeli obat ibu saya yang sedang sakit dirumah. Dan gak enaknya itu kita disuruh kerja dengan terus-terusan tanpa istrahat (jika belum memenuhi target/omset yang ditentukan) tapi kalau sudah memenuhi target kita baru bisa istirahat dan berhenti bekerja.


    ReplyDelete
  32. Nama : Isneni Setyowati
    NIM : 13310016
    Prodi: Pend Matemtika


    Dunia Pariwisata di kabupaten bojonegoro

    Dunia pariwisata saat ini tidak ada habisnya untuk di perbincangkan. Apalagi saat ini pariwisata Indonesia tengah berkembang dengan cepat, banyak wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang tertarik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia. Khususnya beberapa daerah di kabupaten Bojonegoro, banyak wisatawan yang datang dari luar daerah bojonegoro untuk datang berwisata di daerah bojonegoro, awalnya bojonegoro yang terkenal dengan kekayaan alam berupa minyak bumi sekarang bojonegoro juga terkenal akan wisata alam yang ada di bojonegoro saat ini.
    Banyak sekali tempat wisata di Bojonegoro yang bisa di kunjungi untuk sekedar mengisi waktu luang maupun liburan bersama teman dan keluarga ataupun sekedar berfoto – foto . Tempat yang bisa di kunjungi diantara nya yaitu kebun belimbing ringinrejo di samping kita berwisata di kebun belimbing terdapat bendungan gerak, texas wonocolo, kedung maor, negeri atas angin, waduk pacal, wisata agroguna, GoFun bojonegoro, banyu kuning, khayangan api dan juga bagi yang mempunyai hobi rafting kita bisa rafting atau sekedar bermain air di desa ngunut kecamatan dander, di Bojonegoro sendiri juga terdapat banyak taman untuk bermain ataupun hanya singgah sebentar misalkan di alun – alun bojonegoro. Disana kita dapat menjumpai batu besar bernama watu semar, taman rajekwesi, dll.
    Selain wisata alam, bojonegoro juga menyajikan wisata kuliner, seperti di kecamatan Dander tedapat sentra kuliner khas daerah bojonegoro seperti rumah makan yang meyajikan menu khas bojonegoro seperti ikan wader, jendil, ikan gabus dll, rumah apung,omah pule menyediakan aneka macam seafood seperti ikan bakar, dan banyak restoran atau cafe yang menyediakan menu masakan western seperti tastebites resto, cafe cinta cake, singapore restaurant dll. Di Bojonegoro juga menyediakan oleh – oleh yang bisa di bawa pulang sebagai buah tangan seperti ledre pisang, dan berbagai macam olahan dari salak seperti kripik salak, kopi salak, dan juga ada kripik tempe khas bojonegoro dan putu bambu khas bojonegoro.

    ReplyDelete
  33. Nama : Siti Dwi Ifa Rochmawati
    NIM : 16310038
    URL :http://www.harianblora.com/2017/07/jangan-mengabaikan-jalan.html

    ReplyDelete
  34. Nama:Khoirul Anam
    Nim:16310026
    Prodi:Pendidikan Matematika

    Hancurnya Generasi Bangsa Akibat Ulah Orangtua
    Oleh khoirul anam mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro
    Saat ini banyak remaja yang melakukan penyimpangan saat usianya yang masih labil. Persoalan yang sering dihadapi remaja saat ini adalah maraknya pergaulan bebas yang berkemungkinan besar akan terjadinya kenakalan remaja. Besarnya rasa ingin tahu pada diri remaja merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kenakalan remaja. Sehingga mendorong para remaja untuk mencoba sesuatu hal yang belum pernah di coba. Namun saat ini faktor utama yang menyebabkan kenakalan remaja adalah faktor orang tua. Mengapa demikian ???? karena saat ini banyak orang tua yang lupa akan anaknya. Orangtua lebih memilih menitipkan anaknya kepada pengasuh demi mengejar karirnya. Anak bukanlah barang yang bisa dititip-titipkan dan bisa diambil suatu saat. Anak adalah anugrah terindah dari Allah SWT. Yang membutuhkan belaian, kasih sayang dan didikan dari orang tuanya.
    Di Indonesia kasus seperti ini sudah menjadi tontonan setiap hari bahkan di pedesaan sudah menganut hal tersebut. Anak yang kurang kasih sayang dan didikan dari orang tuanya memiliki potensi yang lebih besar untuk melakukan kenakalan remaja misalnya balap liar, merokok bahkan ada yang mengonsumsi narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya. Ini sangat fatal akibatnya bagi reremaja, memang jika hanya merokok akibatnya tidak terlalu parah. Tapi sesudah ketergantungan tidak menutup kemungkinan untuk para remaja mengonsumsi narkoba. Dan jika hal ini terjadi. Siapa yang petut disalahkan ??? diri remaja sendiri atau orangtuanya ??? Pasti kita semua sudah tau jawabannya. Remaja sendiri itu ada karena adanya orang tua.Tapi entah lah…. Apa yang terkesan di dalam fikiran orang tua zaman sekarang. Mereka memilih mementingkan karirnya demi mencari harta. Padahal anak itu sesungguhnya harta yang tak ternilai.
    Pepatah mengatakan rusaknya hati karena suudzon, rusaknya tangan karena bekerja, rusak mata banyak pandangan, rusak fikiran karena narkoba, remaja nakal karena orang tua. Hal inilah yang menyebabkan kenakalan remaja sekarang ini semakin merajalela. Mulai saat ini jadilah orang tua yang bijak. Sayangilah anakmu didiklah anakmu dan janganlah kau sia-siakan harta tak ternilaimu. Buat apa hidup mewah kalau nantinya membuat anak kita menjadi susah.

    ReplyDelete
  35. Nama : Ulfa lu'luatul H
    NIM : 16310042
    URL : http://m.suarajatimpost.com/read/8182/20170801/221123/menulis-tak-semudah-yang-dibicarakan/
    http://googleweblight.com/?lite_url=http://

    www.suarabojonegoro.com/2017/08/menulis-tak-semudah-yang-dibicarakan.html?m%3D1&ei=Izto74Db&lc=id-ID&s=1&m=110&host=www.google.co.id&ts=1501648412&sig=ALNZjWnMsHhtJlqZa_D2BMWMx2hfNDE_Bg

    ReplyDelete
  36. Nama : Nella Candra Puspitasari
    NIM : 16310031
    Opini :Jangan Gusur Indonesia Ku

    Indonesia. Mendengar kata Indonesia pasti sudah terbayang bagaimana negara Indonesia. Dengan kekayaan alamnya, dengan keramah tamahan masyarakatnya, dengan kebudayaannya, dengan peninggalan sejarahnya, dan masih banyak lagi. Indonesia merupakan negara kepulauan yang diapit oleh dua benua yaitu benua Australia dan benua Asia, serta diapit oleh dua samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik. Negara Indonesia pula dilewati oleh garis katulistiwa maka dari itu Indonesia memiliki iklim tropis. Kerenkan?
    Masyarakat Indonesia yang ramah dan murah senyum itu menjadikan masyarakat bersatu. Walaupun mereka berbeda suku, etnis, ras, agama, golongan, kelompok, dan lain-lain. Apabila salah satu daerah terjadi bencana alam atau tertimpa musibah masyarakat luar daerah pula ikut serta untuk menolong. Masyarakat Indonesia pula disukai oleh turis mancanegara karena keramahtamahannya. Apa lagi coba yang kurang dari negara Indonesia?
    Namun, diera globalisasi dan kemajuan jaman saat ini seakan-akan Indonesia mulai berubah. Mulai dari jenis bangunan banyak sekali gedung-gedung tinggi sehingga mengurangi daerah penyerapan air, pakaian yang digunakan pula seperti pakaian minim bahan, gaya bermake-up tidak sesuai dengan umur atau terlalu berlebihan, permainan tradisional pula sudah jarang terlihat anak-anak memainkannya. Parahkan? Lebih parahnya lagi kesenian tradisional mulai hilang perlahan. Ada yang bilang kuno,sudah tidak jaman,katrok,dan lain-lain. Astagfirullah.
    Indonesia sekarang ini lagi booming-boomingnya masuk budaya barat. Seperti K-Pop, gadget, musik-musik barat. Dan kesenian tradisional Indonesia yang kental akan makna perlahan mulai tergerus kesenian dari barat seperti K-Pop tadi. Masyarakat dikalangan remaja pada saat ini lebih suka belajar dance daripada kesenian tradisional. Mereka berpendapat bahwa dance itu lebih gampang dan berenergidaripada tari tradisional yang kalem, halus, dan membuat kantuk. Keterlaluan sekali.
    Lalu banyak juga masyarakat Indonesia terutama dikalangan remaja fasih sekali dalam menghafal lagu-lagu barat ketimbang lagu daerah, lagu wajib, ataupun lagu nasional. Ketika lagu barat lagi booming langsung saja tahu dan hafal. Kalau lagu nasional? Pancasila saja ada yang tudak hafal bahkan ada yang tidak tahu. Padahal setiap upacara hari senin dan upacara hari besar nasional selalu dibacakan. Lalu Indonesia mau dibawa kemana coba?
    Dunia kebarat-baratan kini sudah merajalela mulai dari dewasa, remaja, dan anak-anak. Anak-anak pula jarang sekali yang masih menyanyikan lagu anak-anak, lagu wajib, ataupun lagu tradisional. Ada,mungkin hanya beberapadan ketika di sekolah itupun disuruh oleh guru. Kebanyakan anak-anak jaman sekarang lebih suka musik atau lagu barat seperti Despacito. Banyak sekali masyarakat Indonesia yang tahu lagu tersebut bahkan sampai hafal liriknya. Padahal liriknya itu susah, lagu wajib dan nasional yang mudah liriknya saja tidak hafal.
    Namun, dibalik jaman modern saat ini juga ada kelebihannya. Kelebihannya membuat anak-anak semakin percaya diri untuk tampil didepan umum, lebih ekspresif, dan lainnya. Namun, dengan perkembangan jaman di era globalisasi saat ini pula juga harus diimbangi dengan melestarikan budaya milik negara Indonesia sendiri. Tetap dilestarikan budaya sendiri jangan disingkirkan.
    Cintai kebudayaan Indonesia seperti kamu mencintai dirimu sendiri.

    ReplyDelete
  37. Nama : Siti Nurhidayah
    NIM. : 16310036
    Opini: Opini tentang Paud dilihat dari segi positifnya
    Setiap anak harus dan wajib mengikuti jenjang pendidikan, baik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, pendidikan atas, maupun pendidikan tinggi. Kebanyakan anak-anak Indonesia dalam memulai proses masuk kelembaga pendidikan, yang mana seharusnya didahulukan oleh PAUD.Masih banyak orang tua yang kurang perhatian. Orang tua masih beranggapan sekolah PAUD hanya untuk kelas menengah atas, hanya untuk main-main dan keluar biaya. Padahal untuk membiasakan diri dan mengembangkan pola pikir anak, PAUD mutlak diperlukan. Dari sisi pelaksanaannya, karena PAUD ini dalam kategori non-formal sehingga dimata pemerintah kurang perhatian.
    Selama PAUD masih dipandang sebelah mata, maka tantangan dari sisi pendidik juga beragam. Sebab mendidik diPAUD gtak hanya memakai otak, melainkan lebih banyak pakai hati. PAUD sangat menentukan bangsa ini kedepannya. Pemerintah seharusnya lebih berperan aktif dan peduli terhadap PAUD. Karena karakter bangsa kedepannya sangat ditentukan oleh karakter anak saat ini. Selain orang tua dan pemerintah media massa juga ikut berperan dalam menentukan karakter bangsa kedepannya. Seperti tontonan yang tidak mendidik akan tertanam pada jiwa anak. Karena sifat anak adalah meniru apa yang dia lihat dan dengarkan.
    Sekarang ini anak-anak tidak suka mendengarkan lagu-lagu anak, mereka lebih suka mendengarkan bahkan bernyanyi lagu-lagu hits dewasa masa kini yang entah apa itu maknanya mereka belum tahu. Selain itu, tontonan diTV tidak mencerminkan moral yang baik, contohnya tayang film sinetron anak SD yang berpacaran dan perilaku premanisme dan kekerasan. Apabila hal tersebut didengar dan ditonton oleh anak secara terus menerus anak akan meniru apa yang dia lihat dan dengar. Untuk itu pembangunan karakter bangsa haraus dimulai dari PAUD dengan dukungan dari orang tua, pemerintah, dan media massa.

    ReplyDelete
  38. Nama: Siti Fatimah
    NIM: 16310034
    URL: http://militan.co.id/2017/08/01/opini-tentang-aksi-isis-di-indonesia/

    ReplyDelete
  39. Nama : Debi dwi isnaini
    NIM : 16310006

    Opini : hiruk pikuk musim haji

    Musih haji tahun ini bojonegoro memberangkakan sebanyak 1086 calon jamaah haji yang di bagi menjadiom beberapa kloter dari calon jamaah haji tersebut, akan di pusatkan untuk berkumpul di asrama haji sukolilo Surabaya

    Di kutip dari kumparan.com Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, dalam laporannya mengatakan jumlah Calon Jamaah Haji (CJH) Bojonegoro sebenarnya 1088 orang namun sampai dengan batas akhir 1 orang menyatakan mengundurkan diri dan 1 orang belum mampu melunasi. “Sehingga jumlah total CJH adalah 1086 orang yang terdiri dari 516 berjenis kelamin laki-laki dan 570 perempuan.” jelas Munir.

    Dilihat dari jenjang pendidikan, tidak tamat atau lulusan SD sebanyak 525 orang, SMP sederajat 152 orang, SMA sederajat 183 orang, Diploma atau sarjana muda 25 orang, Sarjana 175 orang dan sarjana S 2 terdapat 26 orang.

    Jika dilihat dari pekerjaan, 2 orang dari BUMN, pedagang 126 orang, ibu rumah tangga 114 orang, PNS 167 orang, Pelajar/mahasiswa 12 orang, Pensiunan 26 orang, swasta 246 orang dan TNI/Polri 12 orang serta untuk petani sejumlah 387 orang.

    Untuk tahun 1438 H atau 2017 ini CJH Bojonegoro mencapai 1086 jamaah yang akan terbagi dalam tiga kloter. “Semuanya akan diberangkatkan pada hari senin tanggal 31 Juli 2017 dengan waktu yang berbeda.” terangnya.

    Beliau menambahkan, Kloter 13 terdapat 196 CJH yang akan berangkat pada pukul 03.00 WIB, dengan menggunakan 5 armada bus dan 2 truk. Kloter 14 terdiri dari 445 CJH yang akan berangkat pada hari yang sama pukul 05.00 WIB dengan menggunakan 10 bus dan 4 truk. Berselang satu jam kemudian atau pukul 06.00 WIB kloter 15 akan berangkat menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya dengan 445 CJH dengan 10 bus dan 4 truk. Bukan hanya calon jamaah haji yang sangat berantusias namun para keluarga dan bahkan para tetangga calon jamaah haji keluarga dan bahkan para tetangga yang juga ikut berantusias dengan ikut mengatakan calon jamaah haji ke asrama. Oleh karena itu, para pengiring calon jamaah haji membuat kemacetan di jalan raya, dan tidak sedikit pula terjadi kecelakaan.
    Menurut penuturan salah satu calon jamaah haji asal dari desa mojo kampung bojonegoro mengatakan bahwa yang mengantarkan dirinya saat akan ke asrama haji surabaya merupakan keluarga dan tetangga di sekitar rumahnya yang berjumlah 32 orang, dan di bagi dengan 4 mobil dan 1 elf dari fenomena tersebut seharusnya kepala kantor kementerian agama agar membuat peraturan baru untuk membantasi bukan kuota pengiring calon jamaah haji. Dengan begitu bisa meminimalisir terjadinya kemancetan dan kecelakaan pada musim haji yang akan datang, dengan adanya peratutaran minimal 10 orang per keluarga calon jamaah haji untuk mengantarkan ke surabaya.

    ReplyDelete
  40. Nama : winarti
    NIM : 16310045
    Prodi : pendidikan matematika
    Opini : Kenapa pemerintah mengeluarkan uang baru lagi
    Kehidupan manusia bisa dibilang tidak bisa lepas dari kebutuhan akan uang. Meskipun uang hanyalah lembaran kertas, tapi setiap orang rela bekerja banting tulang untuk memperoleh uang. Uang merupak alat tukar yang sah yang dapat diterim secara umum.
    Di Indonesia sendiri uang sedah banyak mengalami perubahan desain. Baru-baru ini pun BI telah mengelurkan uang baru. Banyak orang yang berburu uang baru hanya untuk sekedar ingin tau seperti apa uang baru yang dikeluarkan BI. Perubahan desaian pada uang bukanlah hal yang mudah. Membutuhkan pertimbangan-pertingan. Pemerintah mempunyai alasan-alasan yang kuat. Alasan kenapa pemerintah mencetak uang baru, karena kualitas fisik uang yang beredar dimasyarakat sudah menurun, agar tidak mudah dipalsukan, selain itu menurut Presiden Joko Widodo uang rupiah harus mempresentasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sehingga pahlawan yang tampil dalam mata uang rupiah harus dari sabang sampai merauke.
    Ada 10 nama pahlawan yang di buat dalam uang baru ini. Selain memunculkan wajah-wajah pahlawan yang baru, uang baru ini juga dilengkapi teknologi baru dimana keamanannya jauh lebih baik.dikeluarkan pun lebih sulit dipalsukan. Hal ini dikarenakan telah melalui proses color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect, dan rectoverso . Pengamanan ini membuat uang kertas yang baru tidak bisa discan atau fotokopi sebab logonya tidak tampak utuh.
    Dengan adanya uang baru ini yang dilengkapi dengan teknologi yang lebih canggih, diharapkan kasus-kasus pemalsuan uang tidak terjadi lagi.

    ReplyDelete
  41. Nama : Siti Nafiah
    NIM : 16310035
    URL :http://kartarmojodelik.blogspot.co.id/2017/08/karena-keberhasilan-itu-mungkin.html?m=1

    ReplyDelete
  42. Nama : Isnaeni Kurnia Sholeka
    NIM : 16310022
    Prodi : Pendidikan Matematika
    Opini :Masih Banyak Sekolah yang Melanggar

    Ada banyak peraturan pemerintah untuk memajukan dunia pendidikan, salah satunya adalah peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 yang masih kontroversial dalam pelaksanaannya. Di dalam PP No 17 tahun 2010 pada bagian keempat mengenai larangan pada pasal 181 menyatakan “pendidikan dan tenaga kependidikan, baik perseorangan maupun kolektif, dilarang:
    a. Menjual buku pelajaran, bahan ajar, perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam, atau bahan pakaian seragam di satuan pendidikan;
    b. Memungut biaya dalam memberikan bimbingan belajar atau les kepada peserta didik di satuan pendidikan;
    c. Melakukan segala sesuatu baik secara langsung maupun tidak langsung yang menciderai integritas evaluasi hasil belajar peserta didik; dan/ atau
    d. Melakukan pungutan kepada peserta didik baik secara langsung maupun tidak langsung yang bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.”
    Peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2010 di atas sudah jelas mengatur pengelolaan pendidikan, dan tujuan dari peraturan ini sangat jelas yaitu untuk tidak membebani peserta didik dalam mengenyam bangku pendidikan.
    Namun kenyataannya masih banyak sekolah-sekolah yang melanggar peraturan tersebut. Seperti contoh pada salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Bojonegoro yang menjual bahan pakaian seragam kepada peserta didik baru dengan nominal yang cukup besar yaitu pada Peserta Didik Baru (PDB) perempuan sebesar Rp. 846.000,00 mendapatkan 4 pasang bahan seragam, satu pasang kaos olahraga serta atribut dan begitu pula pada PDB laki-laki sebesar Rp. 824.000,00 nominal yang cukup besar untuk wali murid yang mayoritas bekerja sebagai petani belum lagi biaya menjahitnya. Sedangkan harga pasar pakaian satu pasang seragam yang langsung pakai hanya berkisar antara Rp. 110.000-130.000,00 tergantung dari kualitas dan tawar-penawarannya.
    Selain bahan pakaian seragam, sekolah juga masih memungut biaya untuk bimbingan belajar atau les pada saat akan dilaksanakannya ujian nasional. Selain itu sekolah juga masih banyak yang memungut iuran sekolah setiap bulan, padahal hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No 44 tahun 2012 tentang pungutan dan sumbangan biaya pendidikan pada satuan dasar. Pasal 9 ayat (1) peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No 44 tahun 2012 tentang pungutan dan sumbangan biaya pendidikan pada satuan dasar menyatakan: “satuan pendidikan dasar yang diselenggarakan oleh pemerintah, dan/atau pemerintah daerah dilarang memungut biaya satuan pendidikan”. Dalam UU dan peraturan mentri tersebut dijelaskan larangan dilakukan pungutan jenis apapun di sekolah SD, SMP, dan SMA sederajat. Dengan adanya pelanggaran yang terjadi sebaiknya pemerintah lebih tegas dalam mengawasi kegiatan belajar mengajar dan bagi sekolah yang melanggar harus di peringatkan atau diberi sanksi dan untuk pihak yang merasa dirugikan sebaiknya melapor kepada pihak yang berwenang.


    ReplyDelete
  43. nama: olivvia yuanita
    nim : 16310033
    prodi: p. matematika
    opini : 'berisiknya' gadget para remaja masa kini

    Di era globalisasi ini gadget sangat dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari disamping sebagai alat komunikasi gadget bisa digunakan menyelesaikan pekerjaan di kantor, sekolah, ataupun menyelesaikan pekerjaan rumah tangga . Gadget sebagai alat yang multifungsi (memiliki banyak kegunaan) yang cukup fleksibel ( kecil mudah dibawa kemana-mana ) dan memiliki harga yang relative terjangkau bisa dimiliki siapa saja mulai dari orang yang kalangan atas sampai dari kalangan menengah atau bisa jadi kalangan bawah . Sekarang ini gadget lebih dikaitkan dengan remaja, karena sekarang ini remaja sangat tidak bisa hidup tanpa gadget,mereka takut dibilang kudet jika tidak memiliki gadget yang bermerk.
    Remaja sekarang ini cenderung hanya memikirkan gadget ketimbang belajar, mereka selalu asyik dengan updetan terbaru di social media. Hal inilah yang membuat gadget rawan terhadap tindak kejahatan, karena setiap orang pasti ada yang memiliki sifat update dimana saja. Dari update inilah orang ingin berbuat kejahatan pun dengan mudah mencarinya karena bisa dilihat berdasarkan updetan yang ada. Selain itu gadget juga akan membentuk sikap yang tidak baik pada remaja, yaitu sifat tidak peduli pada lingkungan sekitar karena terlalu asyik dengan gadget yang mereka pegang. Interaksi social pun tidak dengan mudah terbentuk secara langsung karena mereka terus-menerus hanya berteman dengan gadget, akibat lain remaja memiliki prinsip hidup yang cenderung instan yang berpotensi untuk menjadi generasi yang tidak tahan dengan kesulitan dan berfikir “seharusnya hidup ini mudah” dan berusaha menyederhanakan masalah dengan menghindari kesukaran. Hal ini bisa menjadikan mereka pecandu gadget yang akut karena jika mereka tidak memengang gadget sehari hidup mereka pasti terasa mengganjal.
    Disisi lain gadget sangat menguntungkan bagi pengguna yang cermat dan teliti, gadget dapat membantu menemukan informasi yang ingin mereka ketahui dapat juga menyelesaikan tugas-tugas mereka, membantu mempermudah berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dari mereka ataupun hanya sekedar untuk merefresh otak untuk menghilangkan rasa bosan.
    Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan yang bersumber dari gadget, sebagai remaja yang baik dan smart mereka harus pandai-pandai menyaring informasi yang diperoleh dari gadgetnya apakah informasi yang mereka peroleh itu bersifat fakta (nyata) atau hanya berita palsu (hoax). Para remaja juga harus bisa membatasi diri dalam menggunakan gadget, membedakan mana informasi yang baik dan tidak baik. Perhatian orang tua juga dibutuhkan dalam mengawasi anak-anaknya, disini orang tua berperan penting untuk memberikan penjelasan secara serius tentang dampak yang ditimbulkan oleh gadget.

    ReplyDelete
  44. Nama : Inayatin Umaroh
    NIM : 16310021
    Prodi: Pendidikan Matematika/1
    Opini:
    Ketidakmaksimalan Peran PBB Sebagai Wadah Perdamaian

    Kejadian memilukan yang terjadi pada saudara kita umat muslim di Palestina akhir-akhir ini menjadi sorotan media informasi di seluruh dunia tak kecuali negara kita Indonesia. Bagaimana tidak? Beberapa pekan lalu Israel telah melakukan serangan tank militer pada jalur gaza dengan memakan banyak korban, sementara itu aksi serupa dilakukan kembali pada tanggal 14 Juli 2017 kemarin di Masjid Al Aqsa. Pemerintahan Israel mengirim pasukan militernya untuk memboikot masjid al aqsa yang terletak di Yerusalem Timur, Palestina. Dengan terjadinya aksi pemboikotan ini menyebabkan umat muslim yang berdomisili di Palestina tidak bisa melakukan ibadah shalat didalam masjid al aqsa. Berbagai bentrokan pun mulai terjadi dimana tiga warga palestina melepaskan tembakannya yang menyebabkan dua pasukan militer Israel tewas. Aksi semacam ini membuat pemerintahan Israel semakin membabi buta untuk melayangkan aksi biadabnya dan tidak sedikit warga sipil yang menjadi korban dari serangan yang diluncurkan oleh pasukan militer Israel ini.
    Larangan Israel terhadap umat muslim palestina melakukan ibadah shalat di Masjid Al Aqsa menyita banyak perhatian publik. Sebagai sesama umat muslim kita berharap agar pemerintahan Indonesia bisa membantu meredam aksi-aksi Israel terhadap palestina karena perbuatan Israel tersebut sudah tidak bisa di toleransi lagi. Dengan kata lain, pemerintahan Indonesia harus lebih aktif melakukan diplomasi bersama PBB dengan harapan agar PBB lebih tegas mengambil tindakan terhadap Israel. Karena untuk menghentikan aksi tak berperikemanusiaan ini sebagian besar adalah peran dari PBB. Kenapa? Karena PBB berperan sebagai mediator yang berusaha untuk memediasi antara Israel dan Palestina. Mediasi dimaksudkan sebagai usaha untuk melakukan penyelesaian konflik yang terjadi antara Israel dan Palestina. Dimana organisasi ini terdapat Dewan Keamanan (DK) PBB yang memiliki tanggung jawab utama untuk memelihara suatu perdamaian dan keamanan internasional sesuai dengan tujuan dari PBB. Namun resolusi-resolusi yang diberikan PBB diabaikan begitu saja dengan pemerintahan Israel, sikap seperti ini lah yang membuat masyarakat internasional geram akan tindakannya. Laporan akan tindak kejahatan Israel telah diterima oleh PBB akan tetapi sampai saat ini belum ada tindakan nyata untuk menyelesaikan konflik tersebut. Hal ini disebabkan adanya sabotase Amerika Serikat dan negara barat lainnya serta sikap pasif yang ditunjukkan oleh Dewan Keamanan (DK) PBB. Sikap pasif seperti inilah yang membuat Israel semakin berani untuk melakukan serangan militernya. Sehingga perlu adanya dukungan dari beberapa negara untuk merealisasikan tindakan yang membuat Israel jera, yaitu dengan melakukan pemboikotan produk-produk Israel yang beredar di beberapa negara. Hal tersebut dapat mengakibatkan pemerintahan Israel merugi secara besar-besaran di bidang perekonomian. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa PBB yang berperan menjaga kedamaian dan keamanan internasional belum bisa merealisasikan tugasnya dengan baik.

    ReplyDelete
  45. Nama: Madinatur Rohmah
    NIM: 16310029
    Prodi:LANGKAH SUKSES DENGAN PENDIDIKAN
    Oleh: Madinatur R.
    Sering kita temukan dalam kehidupan masyarakat yang notabeni pemikirannya masih primitif,dan banyak berpendapat bahwa pendidikan tidak penting. Sehingga menurut mereka didalam menjalani kehidupan tanpa pendidikan mereka bisa hidup. Padahal Pendidikan merupakan alat penting yang diterapkan dalam dunia kontemporer untuk mencapai keberhasilan dalam segala bentuk persaingan global ini, karena meringankan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan.
    Pengetahuan yang diperoleh melalui pendidikan memungkinkan potensi individu untuk dimanfaatkan secara optimal karena pelatihan dari pikiran sumber daya manusia. Hal ini akan membuka pintu kesempatan memungkinkan individu untuk mencapai prospek yang lebih baik dalam pertumbuhan karir. Dimana Kehidupan selalu berputar adakalanya diatas dan dibawah, jadi kita harus siap dalam perpuataran ini, salah satunya dengan belajar dan kerja keras supaya bisa mengatasai keadaan Tetapi yang pasti semua harus mempunyai semangat baru, semangat sukses belajar dan belajar untuk sukses. Karena semua manusia sejatinya adalah seorang pembelajar. Mendapatkan pendidikan meningkatkan individu untuk hidup hormat dalam masyarakat. Hal ini karena pendidikan menawarkan suasana di mana budaya dan nilai-nilai masyarakat dikembangkan. Pendidikan memungkinkan masyarakat untuk menafsirkan dunia di sekitar mereka benar, berinovasi untuk cara-cara baru dan sarana yang sesuai dengan lingkungan mereka.
    Langkah- langkah sukses dalam menyikapi pertanyaan, kenapa Bersekolah ?. Kebanyakan pelajar benar-benar tidak mempunyai alasan yang cukup jelas kenapa harus bersekolah, selain dari kenyataan bahwa mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan selain bersekolah. Mereka menerima pendapat-pendapat tentang hal itu dari keluarganya atau teman-temannya, tapi bukan dari dirinya sendiri. Kemudian atas dasar pendapat-pendapat itu mereka bersekolah. Apakah kamu juga demikian?

    Temukan tujuanmu bersekolah sebelum kamu terlanjur sudah lama berada di sana, namun tidak memiliki arah dengan pasti. Tujuan-tujuan ini, jawaban dari pertanyaan kenapa ini, akan membawa perjalanan studi kamu lebih terarah dan mantap. Tidak ada yang akan bisa menggoyahkan semangat kamu untuk belajar dan menimba ilmu. Bahkan tidak ada yang sanggup memalingkan wajahmu dari cita-citamu.

    * Langkah-langkah menuju sukses:
    1. Imajinasikan pengalaman-pengalaman yang ideal
    2. Ambil sedikitnya satu kursus atau les tambahan di tiap semester. .
    3. Tetapkan sasaran yang jelas untuk setiap pelajaran
    4. Bangunlah lebih pagi setiap hari
    5. Pelajari dengan sungguh-sungguh materi pelajaran ketika pertama kali diperkenalkan
    8. Kembangkang dan pelajari teknik-teknik mengingat pelajaran
    Menghafal adalah langkah kedua setelah memahami materi pelajaran. Ada materi yang memang harus dihafalkan, suka atau tidak suka. Seperti definisi-definisi, teori-teori, rumus-rumus dan rincian-rincian.

    ReplyDelete
  46. Nama : Hina Afriya Khusniati
    Nim : 16310016
    Prodi: Pendidikan Matematika
    Opini: Apa sih pentingnya Gadget?
    Gadget merupakan alat yang sangat canggih dimasa kini. Semua orang sangat membutuhkan gadget untuk mencari suatu informasi, menghubungi keluarga dekat, teman dekat, menmgerjakan tugas, dan lain-lain. Bisa kita lihat disetiap sisi jalan semua orang pasti akan menggunakan yang namanya gadget. Dengan gadget, semua informasi dapat dicari dengan cepat dan mudah, dan tak lupa menghabiskan waktu yang sangat lama. Sehingga dapat ditemukan dalam hitungan detik. Benar bukan? ? mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang yang lebih tua, semua menggunakan gadget.
    Dari masa ke masa penggunaan gadget sangat meningkat, Salah satu gadget yang menjadi andalan anak muda saat ini adalah smartphone dan komputer tablet seperti android, windows dan ios. Smartphone ataupun computer tablet saat ini seakan sudah menjadi benda yang wajib dimiliki di kalangan generasi muda.banyak sekali fitur-fitur di gadget untuk memudahkan aktivitas pengguna, hingga di setiap sudut tempat hampir semua orang menggunakan gadget, seperti di café, di jalan, di tempat makan, di terminal, stasiun, dll. Hampir semua remaja mempunyai gadget, mereka bukan hanya bermain game, tapi mereka juga menggunakan aplikasi, seperti, WhatsApp, Facebook, BBM, Youtube, Path, Line, dan masih banyak yang lain yang disediakan di playstore, selain itu, Kamera adalah salah satunya dapat dimanfaatkan oleh para pengguna gadget untuk mengabadikan moment – moment pribadinya, selain itu fasilitas social media untuk menghubungkannya mereka hanya bisa memakai dengan kuota atau wifi, mereka akan bingung jika tidak ada kuota maupun wifi, karena tanpa kuota dan wifi, mereka tidak bisa menjalankan aplikasi, hingga mereka banyak yang nongkrong, ngafé, tempat ngopi, tempat makan dan lain-lain untuk mendapatkan wifi hingga lupa waktu.
    Gadged merupakan alat yang multifungsi, hal ini membuktikan betapa dahsyatnya pengaruh gadget bagi kehidupan manusia, Bagi para pecandu gadget yang tiada hari tanpa gadget dan update di account – account media social yang dimilikinya.
                    Menurut saya, sebenarnya menggunakan gadget untuk para remaja itu boleh-boleh saja, asal bisa dipakai jika diperlukan atau jika ada tugas. Contoh, gadget bisa membantu para remaja dalam menyelesaikan tugas mereka. Apalagi sekarang sudah banyak informasi di internet, jadi apapun yang diperlukan bisa dalam hitungan jari. Lalu gadget juga diperlukan untuk para kalangan remaja yang baru menginjak kuliah, karena semua informasi tentang kuliah seperti pembaharuan jadwal dll sudah ada di dalam internet. Jadi mereka tidak perlu bingung lagi untuk mencari informasi. Tinggal sekali klik dan semua beres. Penggunaan gadget harus secara bijak. Gunakanlah gadget jika memang diperlukan dan maksimalkan fungsi gadget tersebut untuk menggali informasi yang bermanfaat. Agar generasi ini menjadi generasi yang sadar akan teknologi.

    ReplyDelete
  47. Nama : Eva Ayu Meydiawati
    NIM : 16310050
    Prodi : Pend. Matematika
    Opini :
    AWASI ANAK ANDA
    AGAR IMPIAN TIDAK TERTUNDA !!!
    Internet atau jejaring sosial adalah salah satu fasilitas untuk berinteraksi dengan dunia luar dan sarana yang mudah untuk mengakses segala hal seperti mencari informasi. Penggunaan internet oleh orang indonesia cenderung digunakan untuk hal-hal yang negatif, penggunaan internet pada masa modern ini tidak hanya sebagai sarana untuk mencari informasi atau brita terupdate, melainkan juga untuk bermain game dan belajar. Hebatnya lagi pada masa modern ini internet sudah bisa di akses melalui handphone dimanapun dan kapanpun mereka mau. Seiring dengan kemajuan zaman juga, penggunaan internet sudah banyak disalahgunakan. Khususnya anak-anak muda sekarang yaitu dengan mengakses situs-situs yang negatif yang berdampak sangat berpengaruh pada diri seseorang.
    Pada zaman ini banyak anak kecanduan internet atau jejaring sosial seperti fb, ig, game online, sehingga anak-anak zaman sekarang enggan untuk belajar. Bahaya dari keseringan bermain handphone dapat menganggu kesehatan tubuh, pikiran, dan bisa merusak mental nak muda sekarang.
    Realita yang telah kita ketahui bahwa anak Sekolah Dasar (SD) sekarang banyak yang sudah mengenal handpone sepengawasan orang tua. Orang tua tidak tau apa yang dilakukan anaknya saat bermain HP, entah hanya di buat game online ataupun belajar. Akan tetapi sekarang anak SD sudah pintar untuk mengakses hal-hal yang seharusya dia belum cukup untuk mengetahuinya. Di usia yang muda ini, biasanya anak berkeinginan mencoba hal-hal yang baru. Dimana hal-hal yang baru tersebut dapat menyita waktu dan tidak bermanfaat untuk si anak.
    Sekarang pun banyak anak Sekolah Dasar (SD) yang membawa HP pada saat sekolah. Meski tujuan orang tua agar memberikan informasi saat dia sudah pulang sekolah, akan tetapi kita tidak mengetahui hal apa yang dia lakukan saat di sekolahan. Apa lagi banyak teman yang mudah mempengaruhi si anak untuk melakukan hal yang sekiranya tidak di perbolehkan.
    Pihak sekolah padahal sudah memberitahukan tata tertib sekolah yang berbunyi “siswa tidak diperkenankan membawa hp pada saat jam sekolah”. Pihak sekolah melarang karena mempunyai tujuan agar anak-anak atau siswa menjadi generasi masa depan yang baik. Seperti yang di ujarkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) (Yohana Yembise 2016) bahwa :
    Alasan pelarangan tersebut karena saat ini siswa bisa mengakses berbagai konten di dunia maya, termasuk berbau hal negatif. Karena itu, ia mengizinkan anak-anak mengakses HP saat berada di rumah dan didampingi oleh orang tua masing-masing. Pihak sekolah dan orang tua akan diminta mengawasi anak-anak dan melarang siswa membawa hp ke sekolah untuk menjadikan anak-anak sebagai generasi masa depan.
    Pengawasan orang tua adalah hal yang utama dilakukan agar anak tidak sampai terjerumus dalam hal yang negatif. Pengawasan orang tua sangatlah penting yang harus diterapkan. Peran orang tua disini adalah mengawasi si anak agar impian yang sudah dibangun bisa tercapai. Pengawasan yang dilakukan orang tua tidak hanya pada saat si anak bermain HP, tetapi pengawasan yang dilakukan sikap simpati kita kepada si anak. Orang tua dapat memberitahukan kepada si anak kapan jam untuk belajar, kapan jam untuk bermain, dan orang tua wajib memperhatikan keseharian si anak tersebut. Jangan sampai anak yang usianya masih dini, belum mengetahui apa-apa telah terjerat dalam suatu ruangan yang mereka tidak pernah tau dan dia mempunyai hasrat untuk mencobanya.
    Dunia luar adalah dunia yang sangat sadis. Pengaruh dunia luar sangatlah berpengaruh kepada mental si anak. Orang tua harus mampu mengawasi si anak dengan benar. Pada usia Sekolah Dasar (SD) anak mudah mengikuti dunia luar yang dia belum tau apakah itu baik ataupun buruk. Jangan membiarkan impian si anak tertunda gara-gara pengawasan orang tua yang kurang maksimal. Pengawasan orang tua adalah salah satu peranan yang sangat mendukung untuk impian si anak.

    ReplyDelete
  48. Nama :imam syahroni
    Nim :16310020
    Prodi:Pendidikan Matematika
    Opini:
    Makan Makanan Mahal untuk Hidup yang Lebih Sehat.

    Bayangkan Anda berada di sebuah lorong dari toko bahan makanan kesukaan anda, disuguhkan dengan ratusan produk baru dan bermacam-macam di pasaran. Misalnya, setelah mengambil sebungkus mi instan kesukaan anda dari rak, anda melihat saus sambal versi organik baru dari yang biasa anda beli. Berbeda dengan biasanya, harganya hampir 50 persen lebih mahal dibandingkan dengan harga saus yang biasa anda beli.

    Disini, anda mulai berpikir: Anda harus mengosongkan dompet anda untuk membeli barang sehat.

    Jika ini mendeskripsikan bagaimana anda berpikir tentang hubungan diantara makanan sehat dan harga, anda tidak sendirian. Kepercayaan ini begitu meluas sampai dimana tips bagaimana makan sehat sesuai dana berada dimana-mana, ini mengartikan bahwa kebanyakan konsumen berpikir bahwa ini merupakan tugas yang sulit. Siapa yang belum mendengar istilah "Whole Foods, Whole Pay check" atau pernah melihat harga yang sangat murah pada makanan cepat saji yang notabene tidak sehat?.

    Menurut saya, mengukur hubungan antara kesehatan dan harga makanan sangat susah, karena itu dapat dievaluasi dalam berbagai cara, dari harga tiap kalori, gizi atau harga tiap porsi rata-rata.

    Dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan di Journal of Consumer Research, saya menemukan bahwa konsumen cenderung mempercayai bahwa makanan sehat lebih mahal. Sementara ini mungkin berlaku pada beberapa kategori produk saja, saya juga menemukan bahwa banyak konsumen cenderung percaya hubungan ini berlaku di semua kategori.

    Inilah yang dinamakan Kekuatan Intuisi. Konsumen tampaknya memiliki sebuah teori awam, atau sebuah intuisi, bahwa makanan sehat tentunya akan lebih mahal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah saya baca, daerah dengan geografis yang berpenghasilan rendah dengan akses terbatas untuk makanan bergizi dan terjangkau juga menunjukkan bahwa makanan sehat memang lebih mahal daripada makanan yang tidak sehat.

    Pasar dan media tampaknya telah mengajarkan kebanyakan konsumen untuk mengharapkan makanan dengan properti kesehatan khusus untuk meminta harga premium. Sementara hal ini terjadi pada beberapa kasus (contohnya, Departemen Pertanian mencatat harga premium untuk banyak makanan organik), dalam kasus kasus lain, sebuah hubungan positif yang umum diantara harga dan kesehatan mungkin tidak ada.

    Konsumen juga mempunyai teori teori awam tentang makanan: contohnya, mempercayai bahwa makanan yang tidak sehat terasa lebih enak, terlepas dari kebenaran objektif. Dampak dari kepercayaan mereka terhadap kesehatan = intuisi mahal, namun, melampaui kesimpulan umum mengenai harga dan kesehatan.

    Perlu diketahui sebelum membeli. Jika salah satu beroperasi dengan anggaran tak terbatas ketika mencoba untuk memasak dan menyajikan makanan sehat, maka mungkin hal ini tidak masalah. Namun, mereka yang berusaha untuk mengelola anggaran makanan dan merasa baik tentang kesehatan makanan keluarga mereka mungkin membayar terlalu banyak untuk nutrisi mereka. Ini bisa terjadi meskipun ketersediaan siap baik informasi harga dan informasi nutrisi.

    Apa yang bisa diambil oleh konsumen? Kita semua tahu bahwa harga dan kualitas tidak berkorelasi secara sempurna, tetapi itu tidak menghentikan kita dari menggunakan harga untuk menilai kualitas saat kita tidak punya informasi lain.
    Jadi jika anda benar-benar perhatian mengenai memilih makanan sehat tanpa harus mebayar lebih, berhenti dan berpikir lain kali saat anda melihat klaim kesehatan dipasangkan dengan harga yang lebih tinggi daripada mengandalkan firasat anda. Sebuah solusi untuk mengatasi pengaruh dari intuisi adalah dengan mencari informasi lebih banyak sebelum anda membeli.

    ReplyDelete
  49. Nama : Winda Tristiana Islahiyati
    NIM : 16310046
    URL : http://www.harianblora.com/2017/08/maraknya-kasus-bullying-di-era.html?m=1

    ReplyDelete