Saturday 27 December 2014

kontrak kuliah Perkembangan Peserta Didik

KONTRAK PERKULIAHAN

Fakultas                             :  FPBS
Program Studi                   :  Pendidikan Bahasa Indonesia
Nama Mata Kuliah            :  Perkembangan Peserta Didik
Kode Matakuliah              :  MKB 324
Smt/Bobot                         :  3/3 SKS
Alokasi Waktu                  :  3 X 50’
Standar Kompetensi          : Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam dunia pendidikan tentang dasar-dasar teori dan materi perkembangan peserta didik dengan berbagai komponen dan aspeknya serta mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan tentang perkembangan peserta didik di sekolah (c3).

1.      Manfaat Matakuliah
Dengan mengambil matakuliah Perkembangan Peserta Didik ini, mahasiswa diharapkan dapat mendeskripsikan konsep dasar perkembangan peserta didik, variasi individual peserta didik, kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan fisik peserta didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan, dinamika perkembangan peserta didik, perkembangan kognisi peserta didik, perkembangan kreativitas peserta didik, perkembangan kepribadian peserta didik, perkembangan resiliensi peserta didik, perkembangan hubungan interpersonal peserta didik, perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan.

2.      Deskipsi Matakuliah
Matakuliah perkembangan peserta didik untuk semester tiga ini meliputi:
Konsep dasar perkembangan peserta didik, variasi individual peserta didik, kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan fisik peserta didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan, dinamika perkembangan peserta didik, perkembangan kognisi peserta didik, perkembangan kreativitas peserta didik, perkembangan kepribadian peserta didik, perkembangan resiliensi peserta didik, perkembangan hubungan interpersonal peserta didik, perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan, perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan.

3.      SK, KD, dan Indikator
1)      Standar Kompetensi (SK) :      
Pada akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan mengaplikasikan dalam dunia pendidikan tentang dasar-dasar teori dan materi perkembangan peserta didik dengan berbagai komponen dan aspeknya serta mampu menyoroti, menganalisis, dan memecahkan berbagai persoalan tentang perkembangan peserta didik di sekolah (c3).

2)      Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
a.       Mahasiswa mampu memahami program perkuliahan kritik sastra (c1)
1)      Orientasi perkuliahan
b.      Mahasiswa mampu mendeskripsikan makna perkembangan peserta didik
1)      Mendeskripsikan pengertian perkembangan peserta didik
2)      Mendeskripsikan tujuan perkembangan peserta didik
3)      Mendeskripsikan manfaat perkembangan peserta didik
4)      Mendeskripsikan prinsip-prinsip perkembangan
5)      Mendeskripsikan karakteristik perkembangan peserta didik usia SD/MI
c.       Mahasiswa mampu menyebutkan konsep dasar perkembangan peserta didik (c1)
1)      Menyebutkan hakikat perkembangan
2)      Menyebutkan hukum-hukum perkembangan
3)      Menyebutkan fase-fase perkembangan
4)      Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
5)      Menyebutkan gambaran umum tentang aspek-aspek perkembangan peserta didik
6)      Menyebutkan  karakteristik umum perkembangan peserta didik
d.      Mahasiswa mampu menginterpretasikan variasi individual peserta didik (c2)
1)      Menginterpretasikan pengertian peserta didik
2)      Menginterpretasikan teori-teori psikologi tentang hakikat peserta didik
3)      Menginterpretasikan peserta didik sebagai makhluk individual
4)      Menginterpretasikan perbedaan individual peserta didik
5)      Menginterpretasikan karakteristik individu dan implementasinya terhadap pendidikan
e.       Mahasiswa mampu mengemukakan kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan (c2)
1)      Mengemukakan teori kebutuhan
2)      Mengemukakan kebutuhan dasar manusia
3)      Mengemukakan kebutuhan peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan
f.       Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan fisik peserta didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan (c2)
1)      Menjelaskan pengertian perkembangan fisik
2)      Menjelaskan karakteristik perkembangan fisik peserta didik
3)      Menjelaskan isu-isu dalam perkembangan fisik: nature dan nurture
4)      Menjelaskan implikasi genetik dan lingkungan terhadap pendidikan
5)      Menjelaskan perkembangan otak
6)      Menjelaskan implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan
g.      Mahasiswa mampu menginterpretasikan dinamika perkembangan peserta didik (c2)
1)      Menginterpretasikan peserta didik sebagai subjek
2)      Menginterpretasikan dinamika perkembangan anak
3)      Menginterpretasikan dinamika perkembangan remaja
h.      Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan kognisi peserta didik (c2)
1)      Menjelaskan teori dasar teori kognisi
2)      Menjelaskan kajian akademik psikologi kognitif
3)      Menjelaskan kognitif sebagai sains
i.        Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan kreativitas peserta didik (c2)
1)      Menjelaskan pengertian kreativitas
2)      Menjelaskan konsep dasar teori kreativitas
3)      Menjelaskan kelahiran kreativitas
4)      Menjelaskan kriteria kreativitas
5)      Menjelaskan kreativitas dan intelegensi
6)      Menjelaskan proses kreatif
7)      Menjelaskan ciri-ciri kepribadian orang kreatif
8)      Menjelaskan studi empiris modern tentang kreativitas
j.        Mahasiswa mampu menjabarkan perkembangan kepribadian peserta didik (c2)
1)      Menjabarkan pengertian kepribadian
2)      Menjabarkan konsep dasar teori kepribadian
3)      Menjabarkan perkembangan karakteristik kepribadian
4)      Menjabarkan penilaian kepribadian
k.      Mahasiswa mampu mendiskusikan perkembangan resiliensi peserta didik (c2)
1)      Mendiskusikan asal usul konsep resiliensi
2)      Mendiskusikan pengertian resiliensi
3)      Mendiskusikan ciri-ciri dan faktor resiliensi
4)      Mendiskusikan upaya pengembangan resiliensi peserta didik dan implikasinya terhadap pendidikan
l.        Mahasiswa mampu menerangkan perkembangan hubungan interpersonal peserta didik (c2)
1)      Menerangkan hubungan peserta didik dengan keluarga
2)      Menerangkan hubungan peserta didik dengan teman sebaya
3)      Menerangkan persahabatan
4)      Menerangkan hubungan peserta didik dengan sekolah
m.    Mahasiswa mampu menjabarkan perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan (c2)
1)      Menjabarkan pengertian tingkah laku prososial
2)      Menjabarkan sumber tingkah laku proposial
3)      Menjabarkan perkembangan tingkah laku propososial
4)      Menjabarkan keputusan tingkah laku prososial
5)      Menjabarkan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan tingkah laku prososial
6)      Menjabarkan implikasi perkembangan tingkah laku prososial terhadap pendidikan
n.      Mahasiswa mampu menggambarkan perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan (c3)
1)      Menggambarkan perkembangan moral
2)      Menggambarkan teori psikoanalisis tentang perkembangan moral
3)      Menggambarkan perkembangan spiritual
4)      Menggambarkan karakteristik perkembangan spiritualitas peserta didik
Menggambarkan implikasi perkembangan moral dan spiritual terhadap pendidikan







4.      Organisasi Materi

 
































5.      Strategi Pembelajaran
Perkuliahan ini lebih banyak dilakukan dengan menggunakan metode  ceramah dan diskusi. Mahasiswa juga mendapatkan materi kuliah dalam bentuk handout sebagai tambahan materi yang berisi ringkasan materi yang akan mempermudah mahasiswa dalam memahami pelajaran. Mahasiswa wajib melakukan latihan-latihan soal baik secara individu maupun kelompok. Penyelesain soal-soal ini didahului dengan tata cara penyelesaiannya.

6.      Tugas-tugas
Tugas individu diberikan dosen setiap akhir pertemuan untuk membiasakan mahasiswa menyelesaiakan soal-soal Kritik Sastra dan akan dibahas pada pertemuan berikutnya. Tugas kelompok diberikan minimal satu kali setiap setengah semester dan diserahkan sesuai waktu yang di tentukan. Keterlambatan penyerahan tugas-tugas akan mempengaruhi nilai. Jika mahasiswa tidak mengumpulkan tugas, maka hal ini sangat berpengaruh dalam proses penilaian UTS dan UAS.

7.      Kreteria Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan Ujian tertulis, penugasan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran dan unjuk sikap dengan komponen sebagai berikut :
Terkait dengan standar penilaian digunakan sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan sebagai berikut :

Interval
Nilai Huruf
Nilai angka
80 – 100
A
4
70 – 79
B
3
60 – 69
C
2
40 – 59
D
1
00 – 39
E
0

No
Komponen  Evaluasi
Bobot
1
Kehadiran mahasiswa
10%
2
Tugas
20%
3
UTS
30%
4
UAS
40%
Total
100%
8.      Jadwal

Pertemuan ke
Pokok Bahasan
Sumber Belajar/Hal
Penilaian
1
Program perkuliahan perkembangan peserta didik
Penugasan
2
Makna perkembangan peserta didik
Penugasan
3
Konsep dasar perkembangan peserta didik
Penugasan
4
Variasi individual peserta didik
penugasan
5
Kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
6
Perkembangan fisik peserta didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan
Penugasan
7
Dinamika perkembangan peserta didik
8
UTS
9
Perkembangan kognisi peserta didik
Penugasan
10
Perkembangan kreativitas peserta didik
penugasan
11
Perkembangan kepribadian peserta didik
penugasan
12
Perkembangan resiliensi peserta didik
penugasan
13
Hubungan interpersonal peserta didik
penugasan
14
Perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
penugasan
15
Perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
penugasan
16
UAS


9.      Bahan Bacaan/Pustaka
Alwisol. 2011. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hurlock, E.B. 1980. Developmental Psychology. Mekay A Life Span Approach. New Delhi : Tata McGraw-Hill Publishing Co.Ltd.
----------.1978. Child Development: Sixth Edition. Terjemahan Meitasari Tjandrasa. 1999. Jakarta: Erlangga.
Lickona, Thomas. 2012. Character Matters: Persoalan Karakter Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting lainnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Maslow, Abraham. 1995. The Third Force, The Psychology of Abraham Maslow. Terjemahan Supratinya. 1971. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Supriadi, Oding. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: PT Kurnia Kalam Semesta.
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.





                       Pihak I                                                                           Pihak II
              Dosen Pengampu,                                                            a.n. Mahasiswa,




      (Cahyo Hasanudin, M.Pd.)                                                  (Imam Wahyudi)
                      NIDN -                                                                    NIM 13110021
                                                                      

                                                                      
                                                                      
Mengetahui,
                               Ka. Prodi. Jur. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia




                                                   (Agus Darmuki, M.Pd.)
                                                       NIDN 0721088503







                                              









Revisi

Pertemuan ke
Pokok Bahasan
Sumber Belajar/Hal
Penilaian
1
Program perkuliahan perkembangan peserta didik
Penugasan
2
Makna perkembangan peserta didik
Penugasan
3
Konsep dasar perkembangan peserta didik
Penugasan
4
Variasi individual peserta didik
penugasan
5
Kebutuhan peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
6
Perkembangan fisik peserta didik serta implikasi perkembangan otak terhadap pendidikan
Penugasan
7
Perkembangan tingkah laku prososial peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
8
UTS
9
Perkembangan kognisi peserta didik
Penugasan
10
Perkembangan konsep diri, kemandirian, dan penyesuaian diri peserta didik
penugasan
11
Perkembangan kreativitas peserta didik
penugasan
12
Perkembangan kepribadian peserta didik
penugasan
13
Perkembangan resiliensi peserta didik
penugasan
14
Hubungan interpersonal peserta didik
penugasan
15
Perkembangan moral dan spiritual peserta didik serta implikasinya terhadap pendidikan
penugasan
16
UAS

0 comments:

Post a Comment