Friday 13 October 2023

Aplikasi Terampil Membaca

 























Asalamualaikum w.w., 


Perkenalkan saya, Dr. Cahyo Hasanudin, S.Pd., M.Pd., Ayu Fitrianingsih, S.Pd., M.Pd., dan Nofia Fitriyana dari Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro selaku developer aplikasi Si Raca.

Aplikasi Si Raca merupakan akronim dari Aplikasi Terampil Membaca. Aplikasi ini memuat materi 1) membaca alfabet, 2) membaca huruf vokal 3) membaca huruf konsonan, 4) membaca suku kata, 5) membaca kata, 6) membaca kalimat, dan 5) membaca teks narasi. Selain itu, di dalam aplikasi ini juga memuat permainan dan latihan.

Menu materi, permainan, dan latihan di dalam aplikasi Si Raca semua mengandung unsur kearifan lokal, mulai dari tradisi, budaya, kesenian, rumah adat, alat tradisional, makanan tradisional, keindahan alam yang ada di Indonesia. Nilai kearifan inilah sebagai bentuk kebaruan (novelty) di dalam aplikasi Si Raca, selain itu, unsur ini sebagai bentuk pengenalan sejak dini kearifan lokal yang ada di Indonesia kepada anak-anak.

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh siswa, guru, wali murid di jenjang PAUD, TK, dan SD kelas rendah serta pihak-pihak lain yang berkepentingan. Aplikasi Si Raca dapat diunduh pada peramban.
https://play.google.com/store/apps/details?id=air.Siraca 

Kami selaku developer mengucapan terima kasih atas atensi dan doa yang diberikan. 
Akhir kata, tiada gading yang tak retak dan tiada padi yang bernas setangkai sehingga kritik dan saran dari pengguna kami tunggu untuk perkembangan aplikasi kami di masa mendatang.
Salam literasi.


0 comments:

Post a Comment