Saturday 26 January 2013

penulisan kutipan


Nama                : Cahyo Hasanudin
NIM                   : 08111503
Tingkat/Kelas   : IVC
Fak./Jur.            : FPBS/Pend. B. Indonesia

I.        Kutipan Langsung
a.      Penulis Masuk Teks
1.      Menurut Tarigan (2012: 100) “Bahasa Indonesia itu mudah.”
2.      Mumarmi (2002: 12) berpendapat “Puisi adalah karya indah yang isinya menceritakan mimesis penciptanya.”
3.      Menurut Sudibyo (1988: 18) “Karya sastra angkatan balai pustaka dipelopori oleh amir hamzah.”
4.      Sanusi (2003: 13) bependapat “Penulisan surat-menyurat didasari atas kebutuhan individu penulis surat.”
5.      Menurut Gibran (2011: 203) “Unsur-unsur intrinsik cerpen itu ada enam.”
6.      Pradopo (2087: 13) berpendapat “Bahasa Indonesia adalaha bahasa pemersatu bangsa Indonesia.”
7.      Menurut Jumari (1999: 12) “Pelajaran bahasa Indonesia layak diajarkan pada anak usia dini (PAUD).”
8.      Henry berpendapat (1990: 10) “Skripsi adalah tugas akhir dari program strata satu.”
9.      Menurut Asmuni (2010: 13) “Negara Indonesia dikepalai oleh preseiden.”
10.  Guntur berpendapat (1878: 13) “Novel adalah karya sastra yang berisi lebih dari seribu kata.”  

b.      Penulis Tidak Masuk Teks
1.      “Indonesia merdeka pada tahun 1945” (Nurma, 1978: 15).
2.      “Kitab Alquran menyimpan berjuta-juta makna kehidupan” (Harun, 1987: 88).
3.      “Komputer berasal dari kata to kompute yang artinya menghitung” (Ronal, 2006: 12).
4.      “Waktu adalah uang” (Raharjo, 2007: 77). 
5.      “Waktu itu ibarat pedang” (Ibrahim, 2008: 65).
6.      “Negara Indonesia berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar” (Nugroho, 2009: 12).
7.      “Hidup adalah suatu perjuangan melawan kemiskisnan” (Sutrisno, 2010: 28).
8.      “Hidup-hidupilah Muhammadiyah Jangan mencari hidup dari Muhammadiyah” (Dahlan, 1989: 204).
9.      “Sekali merdeka tetap merdeka dan negara kita wajib bebas dari penjajahan” (Hatta, 1989: 20).
10.  “Pantun adalaha karya sastra lama yang bentuknya terikat oleh rima dan bait” (Yahya, 1987: 87).


c.       Penulis Masuk Teks lebih Dari Empat Baris
1.      Menurut Gorys (1987: 3),

Cerpen adalah salah satu karya sastra modern yang keberadaanya diterima oleh masyarakat luas, serta bercirikan tidak lebih dari 1000 kata dan habis dibaca sekalii duduk dan ceritanya tidak kompleks atau menimbulkan konflik antar pelaku dalam kurun waktu waktu periodisasi cerpen itu sendiri, dan untuk mempermudah pembacanya sehhingga novel disukai semua golongan.

2.      Kamijo (2012: 12) mengatakan,

Indonesia merdeka sejak tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia beribukota di Jakarta, Negara Indonesia yang agraris dan memiliki banyak pesona sejuta kota impian dan menawarkan banyak budaya dan suku di Indonesia. Indonesia kaya akan budaya dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau yang indah dan menawan untuk ditonton dan didokumentasikan.

3.      Menurut Tatang (1973: 18),

Narasi adalah suatu paragraph yang mengurutkan kejadian waktu atau sering disebut kronologi cerita, dengan menggunkan paragraf narasi siswa dituntut untuk selalu mengingat kejadian apa yang selalu dialaminya dari detik ke detik tanpa ada sediktipun yang terlewatkan, sehingga proses pemikiran anak juga akan berkembang dengan sendirinya.

4.      Sugino (2012: 13) mengatakan,

Deskripsi adalah suatu paragraf yang menggambarkan dan mendeskripsikan suatu peristiwa, sehingga para pembaca diajak langsung seperti melihat kenyataan aatau gambaran langsung terhadap apa yang dideskripsikan di dalam karangan tersebut. Karangan argumentasi setidaknya mengupas kebenaran dari cerita yang menampilkan kenyataan.

5.      Menurut Sutarman (2012: 21),

Ditinjau dari komunikasinya. Komunikasi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu komunikator yaitu orang yang berbicara, komunikan yatiu orang yang diajak berbicara dan pesan yaitu sesuatu yang ingin disampaikan dari komunikator kepada komunikan,hal ini sangat dominnan dan sangat mendukung terbentuknya suatu retorik baru.

6.      Munandar (1999: 19) mengatakan,

Hidup adalah suatu perjuangan, perjuangan untuk hidup dan mendapatkan pendidikan yang layak, perjuangan melawan kemiskinan adalah suatu hal yang sulit dilakukan, dikarenakan banyak korupsi di sana sini, tidak akan mengubah  semuanya, karena manusia egois, serakah serta penuh dengki apabaila melihat sedikit kebahagiaan yang sering disebut dengan uang.

7.      Menurut Meme (1867: 18),

Puisi adalah karya imajenasi dari seorang penngarang, dengan berimajenasi pengarang mampu meluapkan  perasaannya kepada penikmat sastra tersebut. Dan dengan begitu penikmat sastra mampu memahami isi ataupun perasaan dari sang penggarang puisi tersebut, oleh karenanya puisi haruslah berbahasa indah dan imajenatif.

8.      Subakhir (2013: 3000) mengatakan,

Surat adalah media komunikasi tulis yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi, meski kedudukan surat saat ini hampir tergeser oleh media elektronik lainnya, namun surat masih sering digunakan oleh orang-orang lain, terlebih-lebih dalam instansi dinas maupun lembaga non pendidikan yang bersangkutan di dalam surat-menyurat.

9.      Kumolo  (1989:21) mengatakan,

Bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu antar golongan suku maupun budaya di indonesia, sehingga dimanapun dan kapanpun bahasa Indonesia selalu eksis keberadaannya, walupun sangat memblomingnya bahasa asing yang masuk di Indonesia namun bahasa Indonesia tidak akan pernah ditinggalkan oleh penggunanya.

10.  Menurut Tyo (1222: 22)

Syair adalah puisi lama yang berbentuk dan terikat oleh aturan-aturan, syair hampir sama dengan pantun, namun yang membedakannya adalah  dari segi pengucapanya, jika ditinjau dari segi bahasa syair tidak terikat oleh sajak atau persamaan bunyi pada akhir kata, namun syair tetap terdiri dari beberapa bait-bait yang dikemas halus sehingga penikmat karya sastra mengagumi keindahan sastra tersebut.

d.      Penulis Tidak Masuk Teks Lebih Dari empat Baris
1.      Cerpen adalah salah satu karya sastra modern yang keberadaanya diterima oleh masyarakat luas, serta bercirikan tidak lebih dari 1000 kata dan habis dibaca sekalii duduk dan ceritanya tidak kompleks atau menimbulkan konflik antar pelaku dalam kurun waktu waktu periodisasi cerpen itu sendiri, dan untuk mempermudah pembacanya sehhingga novel disukai semua golongan (Gorys, 1987: 3).

2.      Indonesia merdeka sejak tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia beribukota di Jakarta, Negara Indonesia yang agraris dan memiliki banyak pesona sejuta kota impian dan menawarkan banyak budaya dan suku di Indonesia. Indonesia kaya akan budaya dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau yang indah dan menawan untuk ditonton dan didokumentasikan (Kamijo, 2012: 12).

3.      Narasi adalah suatu paragraph yang mengurutkan kejadian waktu atau sering disebut kronologi cerita, dengan menggunkan paragraf narasi siswa dituntut untuk selalu mengingat kejadian apa yang selalu dialaminya dari detik ke detik tanpa ada sediktipun yang terlewatkan, sehingga proses pemikiran anak juga akan berkembang dengan sendirinya (Tatang, 1973: 18).

4.      Deskripsi adalah suatu paragraf yang menggambarkan dan mendeskripsikan suatu peristiwa, sehingga para pembaca diajak langsung seperti melihat kenyataan aatau gambaran langsung terhadap apa yang dideskripsikan di dalam karangan tersebut. Karangan argumentasi setidaknya mengupas kebenaran dari cerita yang menampilkan kenyataan (Sugino, 2012: 13).

5.      Ditinjau dari komunikasinya. Komunikasi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu komunikator yaitu orang yang berbicara, komunikan yatiu orang yang diajak berbicara dan pesan yaitu sesuatu yang ingin disampaikan dari komunikator kepada komunikan,hal ini sangat dominnan dan sangat mendukung terbentuknya suatu retorik baru (Sutarman, 2012: 21).

6.      Hidup adalah suatu perjuangan, perjuangan untuk hidup dan mendapatkan pendidikan yang layak, perjuangan melawan kemiskinan adalah suatu hal yang sulit dilakukan, dikarenakan banyak korupsi di sana sini, tidak akan mengubah  semuanya, karena manusia egois, serakah serta penuh dengki apabaila melihat sedikit kebahagiaan yang sering disebut dengan uang (Munandar, 1999: 19).




7.      Puisi adalah karya imajenasi dari seorang penngarang, dengan berimajenasi pengarang mampu meluapkan  perasaannya kepada penikmat sastra tersebut. Dan dengan begitu penikmat sastra mampu memahami isi ataupun perasaan dari sang penggarang puisi tersebut, oleh karenanya puisi haruslah berbahasa indah dan imajenatif (Meme, 1867: 18).

8.      Surat adalah media komunikasi tulis yang digunakan seseorang untuk berkomunikasi, meski kedudukan surat saat ini hampir tergeser oleh media elektronik lainnya, namun surat masih sering digunakan oleh orang-orang lain, terlebih-lebih dalam instansi dinas maupun lembaga non pendidikan yang bersangkutan di dalam surat-menyurat (Subakhir, 2013: 3000).

9.      Bahasa indonesia adalah bahasa pemersatu antar golongan suku maupun budaya di indonesia, sehingga dimanapun dan kapanpun bahasa Indonesia selalu eksis keberadaannya, walupun sangat memblomingnya bahasa asing yang masuk di Indonesia namun bahasa Indonesia tidak akan pernah ditinggalkan oleh penggunanya (Kumolo, 1989:21).

10.  Syair adalah puisi lama yang berbentuk dan terikat oleh aturan-aturan, syair hampir sama dengan pantun, namun yang membedakannya adalah  dari segi pengucapanya, jika ditinjau dari segi bahasa syair tidak terikat oleh sajak atau persamaan bunyi pada akhir kata, namun syair tetap terdiri dari beberapa bait-bait yang dikemas halus sehingga penikmat karya sastra mengagumi keindahan sastra tersebut (Tyo, 1222: 22).


II.      Kutipan Tidak Langsung
a.      Penulis Masuk Teks
1.      Tarigan (2012: 100) mengatakan bahwa Bahasa Indonesia itu mudah.
2.      Mumarmi (2002: 12) berpendapat bahwa Puisi adalah karya indah yang isinya menceritakan mimesis penciptanya.
3.      Sudibyo (1988: 18) mengatakan bahwa Karya sastra angkatan balai pustaka dipelopori oleh amir hamzah.
4.      Sanusi (2003: 13) bependapat bahwa Penulisan surat-menyurat didasari atas kebutuhan individu penulis surat.
5.      Gibran (2011: 203) mengatakan bahwa Unsur-unsur intrinsik cerpen itu ada enam.
6.      Pradopo (2087: 13) berpendapat bahwa Bahasa Indonesia adalaha bahasa pemersatu bangsa Indonesia.
7.      Jumari (1999: 12) mengatakan bahwa Pelajaran bahasa Indonesia layak diajarkan pada anak usia dini (PAUD).
8.      Henry (1990: 10) mengatakan bahwa Skripsi adalah tugas akhir dari program strata satu.
9.      Asmuni (2010: 13) mengatakan bahwa Negara Indonesia dikepalai oleh preseiden.
10.  Guntur (1878: 13) mengatakan bahwa Novel adalah karya sastra yang berisi lebih dari seribu kata.


a.      Penulis Tidak Masuk Teks
1.      Indonesia merdeka pada tahun 1945 (Nurma, 1978: 15).
2.      Kitab Alquran menyimpan berjuta-juta makna kehidupan (Harun, 1987: 88).
3.      Komputer berasal dari kata to kompute yang artinya menghitung (Ronal, 2006: 12).
4.      Waktu adalah uang (Raharjo, 2007: 77). 
5.      Waktu itu ibarat pedang (Ibrahim, 2008: 65).
6.      Negara Indonesia berlandaskan pancasila dan undang-undang dasar (Nugroho, 2009: 12).
7.      Hidup adalah suatu perjuangan melawan kemiskisnan (Sutrisno, 2010: 28).
8.      Hidup-hidupilah Muhammadiyah Jangan mencari hidup dari Muhammadiyah (Dahlan, 1989: 204).
9.      Sekali merdeka tetap merdeka dan negara kita wajib bebas dari penjajahan (Hatta, 1989: 20).
10.  Pantun adalaha karya sastra lama yang bentuknya terikat oleh rima dan bait (Yahya, 1987: 87).






                                                                                                   

0 comments:

Post a Comment